Lakukan 5 langkah ini agar sukses cari modal lewat ‘crowdfunding’

NEOTEKNOLOGI.com – Metode pengumpulan dana lewat crowfunding kini marak dipakai oleh wirausahawan yang ingin merealisasikan ide-ide start-up. Cara ini dipandang lebih efektif mengumpulkan uang dan tidak membutuhkan banyak modal.

Saat ini juga sudah banyak bermunculan situs-situs yang mewadahi start-up yang melakukan crowfunding. Di Indonesia, situs crowfunding yang cukup populer adalah wujudkan.com dan kitabisa.com.

Menariknya, situs-situs crowfunding tersebut juga hanya mengambil sedikit prosentase dari uang yang berhasil di kumpulkan.

Namun, jangan keburu senang dulu, sebab untuk berhasil melakukan kampanye crowfunding ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh founder dari start-up. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa tips yang dapat sukseskan crowdfunding berbasis ?reward’. Berikut 5 langkah agar sukses cari modal lewat ‘crowdfunding’ yang dikutip dari merdeka.com

1. Berikan hadiah

Mengapa crowdfunding adalah metode pengumpulan dana yang tepat untuk start-up? Sebab crowdfunding dapat dipakai untuk memamerkan produk Anda langsung ke publik.

Ketika Anda menggalang kampanye crowdfunding, usahakan memberikan ‘imbalan’ ketika ada pemodal yang memberikan uang mereka untuk start-up Anda. Imbalan tersebut sebaiknya adalah produk dari start-up Anda sendiri.

Perlu diperhatikan bila sebagian besar pemodal cenderung mencari barang dengan harga termurah yang bisa ditukar dengan uang mereka. Oleh karena itu, penting untuk tidak menawarkan hadiah atau imbalan dengan harga terlalu mahal.

2. Tentukan target yang realistis

Penentuan target modal terkumpul saat melakukan kampanye crowdfunding sangatlah penting. Sebab, kebanyakan situs crowdfunding hanya akan memberikan modal yang terkumpul apabila Anda mencapai target.

Nah, guna mendapat modal yang dibutuhkan, sebaiknya Anda menentukan target seminimal mungkin untuk merealisasikan ide start-up Anda.

Hal ini juga berlaku dalam penentuan durasi crowdfunding. Pengumpulan dana dengan waktu terlalu lama dapat membuat investor ikut menunggu dan akhirnya merusak momentum kampanye. Sebaliknya, rentang waktu yang terlalu sempit dapat membuat Anda kehilangan investor potensial.

3. Pakai crowdfunding sebagai media pemasaran

Rahasia kesuksesan sebagian besar crowdfunding adalah keberhasilan mereka menggaet perharian investro dengan video yang menarik. Apalagi, bila video crowdfunding start-up Anda menjadi viral, bisa dipastikan modal akan mengalir dan produk Anda akan dikenal banyak orang.

Sebuah video crowdfunding yang baik biasa memuat cerita di balik kemunculan ide start-up berikut cara Anda untuk mengembangkan ide tersebut.

Update-update baru yang terus ditampilkan dalam kampanye crowdfunding juga penting untuk mempertahankan momentum dan menarik investor hingga akhir masa kampanye.

Crowdfunding juga dapat membantu Anda mendapat kenalan atau jaringan bisnis lebih luas untuk mengembangkan produk start-up Anda.

4. Pilih situs crowdfunding yang tepat

Berbeda situs crowdfunding, biasanya akan berpengaruh pada jenis target investor. Situs crowdfunding Kickstarter dan Pozible misalnya, lebih fokus pada produk-produk kreatif.

Sementara itu, situs crowdfunding seperti Crowdrise dan kitabisa.com lebih fokus pada pengumpulan dana yang bersifat sosial atau non-profit.

Oleh karena itu, memilih situs crowdfunding yang ‘sealiran’ dengan ide start-up dapat membantu menemukan investor yang tepat.

5. Pilah-pilah proyek besar Anda

Ketika Anda ingin merealisasikan ide besar yang bakal menghabiskan dana besar, coba untuk memilah proyek tersebut menjadi beberapa tahapan dengan kampanye crowdfunding yang berbeda.

Langkah ini dapat membuat investor merasa kontribusi mereka lebih besar sekaligus membuat Anda tidak harus memasang target dana besar saat kampanye.

Dengan terus menjalankan kampanye berturut-turut, kepercayaan Anda di hadapan investor pun dapat terus meningkat. Hal ini tentu sangat berpengaruh bagi kampanye crowdfunding Anda di masa depan.

Anda bisa menyaksikan acara Start-UP musim kedua yang sudah dimulai tanggal 2 Februari 2015 lalu untuk mendapat pengetahuan lebih banyak seputar kampanye crowd-funding yang cocok untuk start-up Anda.

Acara serial berbasis dokumenter yang disiarkan oleh Channel NewsAsia ini terdiri dari 7 bagian. Start-UP musim kedua ini akan mengikuti perjalanan 8 pengusaha (jumlah awal 25 orang), dalam melewati tantangan-tantangan seru untuk memenangkan dana SGD 2 juta atau setara Rp 18,5 miliar dari para investor bisnis.

Baca juga: 10 Aplikasi Android 2015 yang Wajib Di-install

(merdeka.com)
*Foto: copyright Ilustrasi crowdfunding. © Start-UP

Monggo dishare...

Apa ini?

Comments

comments

, Crowdfunding
No Responses
Close
Terima kasih sudah berkunjung!
Klik Follow, Like/Suka Untuk Info Seputar Teknologi Terbaru
Jangan lewatkan yang ini:
Buat Aplikasi Android di Android Studio Mahal Juga
Buat Aplikasi Android di Android Studio Mahal Juga

10 Aplikasi Android 2015 yang Wajib Di-install
10 Aplikasi Android 2015 yang Wajib Di-install

Close