4 Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut Secara Gratis !!

Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Cara edit video di HP menggunakan Aplikasi CapCut emang sedang dicari banyak orang untuk dapat membantu mereka membuat video yang lebih baik atau hanya sekedar mengikuti trend saja. Terlebih lagi aplikasi capcut sudah bisa langsung konek dengan aplikasi media sosial yang sedang viral saat ini, yaitu tiktok.

Jika kamu sedang mencari aplikasi untuk edit video menggunakan HP, aplikasi CapCut bisa menjadi salah satu aplikasi pilihan terbaik untuk kamu. Selain gratis, aplikasi CapCut juga dikenal sangat user-friendly walaupun untuk pengguna baru.

Aplikasi CapCut Adalah :

Aplikasi capcut adalah aplikasi editing video yang dapat kamu gunakan untuk mengedit berbagi video yang kamu inginkan. Dengan aplikasi capcut kamu juga bisa melihat berbagai template video dari konten kreator yang ada, bahkan kamu juga bisa menggunakan template video tersebut untuk video kamu. Aplikasi capcut bisa kamu download melalui Google Play Store

Baca Juga :  10 Rekomendasi Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android, Gratis!

Kreasi Konten :

Dengan meningkatkan kreasi konten yang ada di beberapa sosial media, telah membuat banyak orang untuk mau mencoba ikut terlibat didalamnya. Hingga saat ini ada begitu banyak para konten kreator yang aktif di berbagai media sosial, seperti Tiktok dan Instagram dan sosial media berbasis video lainnya.

Sebagian besar konten kreator yang ada sekarang ini mulai membuat video dengan cara yang cukup sederhana. Biasanya mereka hanya merekam video menggunakan HP saja, lalu mengedit sendiri sebisa mungkin dengan aplikasi yang ada.

Kamu mungkin juga tertarik untuk mendalami kreasi konten tersebut. Jika demikian maka kamu membutuhkan aplikasi untuk mengedit video yang bisa diandalkan, CapCut contohnya.

Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut Secara Gratis !! :

Ada banyak aplikasi tersedia yang bisa digunakan untuk edit video hanya menggunakan HP saja, tapi CapCut menjadi salah satu rekomendasi terbaik untuk kamu gunakan. Karena beberapa fitur unggulan yang tersedia, dan cara penggunaannya yang cukup mudah untuk siapapun termasuk pemula.

Baca Juga :  Rekomendasi 4 HP Vivo Rp 1 Jutaan, Murah Banget Berdesain Kece

Yuk simak cara edit video di HP menggunakan CapCut selengkapnya!

Cara Trim/Memotong Video di CapCut :

Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut

Proses dalam pengeditan video melibatkan banyak tools dan teknik. Salah satu teknik yang perlu kamu ketahui adalah memotong video (trim videos) di aplikasi CapCut. Caranya seperti berikut ini:

  • Tambahkan video yang ingin di edit.
  • Pilih klip video tersebut, kemudian akan muncul frame putih di sekitarnya
  • Tekan dan tahan garis putih tersebut, kemudian kamu bisa drag atau seret ke titik yang kamu inginkan untuk memotong video
  • Kamu juga bisa memotong sisi lain dari video yang ada.

Ketika kamu memotong video dengan cara drag/tarik, klip yang menempel di sampingnya juga akan ikut bergerak. Dengan begitu, tidak akan ada black screen (layar hitam) atau sela di antara klip video yang ada.

Cara Split/Memotong Video di CapCut :

Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut

Berikutnya adalah kamu perlu memahami teknik split/memotong atau membelah video sebagai salah satu cara mengedit video di CapCut. Dengan cara :

  • Kamu bisa pilih klip video yang ingin diedit, kemudian akan muncul frame putih.
  • Kemudian klik ikon Split/potong di bagian bawah layar CapCut
Baca Juga :  7+ Rekomendasi Aplikasi Edit Video untuk Android, Gratis Tanpa Watermark

Setelah melakukan split/potong pada video, kamu bisa menambahkan transisi atau membuang bagian klip yang tidak kamu inginkan. Gunakan Delete untuk membuang/menghapus klip tersebut.

Cara Resize (Merubah Ukuran) Video di CapCut :

Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut

Selanjutnya kamu juga perlu memahami cara mengubah ukuran atau meresize video di aplikasi CapCut. Biasanya setiap sosial media memiliki ukuran video yang berbeda-beda disetiap aplikasinya, teknik ini cukup penting untuk kamu pelajari. Caranya seperti berikut ini:

  • Kamu pilih klip video yang ingin kamu resize, kemudian akan muncul frame putih
  • Kemudian klik Format yang ada di toolbar bagian bawah layar
  • Selanjutnya kamu pilih aspek rasio/ ukuran yang berbeda dan sesuai dengan kebutuhan kamu

Kamu bisa memilih ukuran video sesuai kebutuhan yang ada, bisa membuat video dengan format square [1:1], vertikal [16:9], atau horizontal [9:16].

Cara Mirroring Video di Aplikasi CapCut :

Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut

Cara edit video di CapCut selanjutnya yang juga perlu kamu ketahui adalah cara untuk melakukan mirroring pada video. Kamu mungkin menyadari jika merekam menggunakan kamera depan pada ponsel, posisi kiri dan kanan akan terbalik di video. Untuk itulah kamu perlu mengedit video tersebut dengan cara mirroring video. Begini cara untuk mirroring video :

  • Kamu pilih klip video yang ingin diedit, kemudian akan muncul frame putih.
  • Pada toolbar bagian bawah, pilih menu Edit.
  • Kemudian akan muncul beberapa ikon, cari dan pilih ikon edit di antara Filters tool dan Extract Audio.
  • Setelah itu, gunakan tool mirroring yang ada di dalam opsi Edit tersebut.
Baca Juga :  Rekomendasi 15 Situs Aplikasi Edit Foto Online Secara Gratis

Perlu kamu ketahui, mirroring pada video itu penting bagi kamu yang ingin membuat sebuah video tutorial, khususnya yang melibatkan kiri dan kanan tubuh kamu dengan benar.

Penutup :

Itu tadi beberapa cara dasar untuk mengedit video di aplikasi CapCut yang direkomendasikan untuk kamu. Dengan begitu, kamu bisa mulai membuat video untuk sosial media yang kamu miliki. Selamat mencoba. Diluar sana juga masih banyak Aplikasi Edit Video di HP yang bisa kamu temukan

Artikel Tentang Aplikasi Editing Lainnya :

Temukan artikel menarik lainnya hanya di NeoTeknologi.com


Bagikan Artikel :
Cara Edit Video di HP Menggunakan Capcut
Previous Post

No more post

Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *