12 Contoh Teknologi Informasi, Beserta Penjelasannya!

Contoh Teknologi Informasi
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Adanya teknologi informasi saat ini memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan kehidupan manusia dari masa ke masa. Perkembangan jenis-jenis teknologi saat ini melibatkan semua kegiatan manusia di berbagai bidang. Sehingga, teknologi mampu memberikan efisiensi terhadap aktivitas manusia.

Walaupun teknologi ini terus berkembang dan bertumbuh secara pesar, ternyata masih ada juga orang-orang yang belum mengetahui contoh-contoh teknologi informasi yang ada. Walaupun hampir semua contohnya sering berada di sekitar kita atau bahkan kita sering memanfaatkannya.

Untuk mengatahui apa saja contoh teknologi informasi dan apa tujuan dari teknologi informasi ini diciptakan, mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca Juga :  10+ Contoh Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Apa itu Teknologi Informasi ? :

Teknologi informasi adalah perancangan sistem, kemudian adanya semacam implementasi, dan juga adanya pengembangan ataupun dukungan untuk sistem informasi yang berbasis pada sebuah komputer, terkhusus pada aplikasi perangkat lunak dan perangkat keras yang ada pada komputer.

Teknologi ini pun dapat diartikan sebagai aktivitas yang berkaitan dengan pemrosesan suatu data, pengolahan suatu data, dan pemindahan suatu informasi antar media ke media lainnya.

Perlu dipahami juga, teknologi informasi saling berkaitan dengan teknologi komunikasi. Keduanya saling berkaitan dan saling mendukung satu sama lain. Kombinasi keduanya telah memberikan banyak membantu dan memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Teknologi yang ada juga sering disebut dengan teknologi informasi dan komunikasi (informatika).

Tujuan dan Fungsi Teknologi Informasi :

Tujuan dan fungsi adanya teknologi informasi yakni untuk memecahkan sebuah masalah, sehingga dapat membuka kreativitas seseorang, dan juga meningkatkan efektivitas serta efisiensi untuk suatu pekerjaan.

Dengan hadirnya teknologi informasi ini maka ia membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah, simple, dan juga efisien waktu.

Baca Juga :  11 Dampak Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Media Hiburan

Manfaat Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) :

Teknologi informasi itu sendiri memiliki manfaat untuk dapat membantu manusia dan memberikan akses kemudahan untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada ataupun meningkatkan kreativitas.

Manfaat teknologi juga akan sering kita temui diberbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, bisnis, pariwisata, perbankan, dan bidang yang lainnya.

Contoh Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) :

Ada banya contoh teknologi informasi dan komunikasi pasti erat kaitannya dengan dunia komunikasi dan juga informasi. Sampai saat sekarang ini, orang-orang bisa berbagi suatu informasi disebabkan karena adanya sebuah alat komunikasi. Itulah mengapa teknologi informasi dan teknologi komunikasi keduanya sangat erat. Berikut kami ulas 10 contoh teknologi informasi yang bisa kamu ketahui :

Televisi (TV)

Televisi - contoh teknologi informasi

Contoh teknologi informasi ataupun contoh teknologi komunikasi yang sudah tidak asing lagi bagi kita adalah Televisi (TV). Televisi atau TV merupakan media massa yang memiliki fungsi untuk berbagi informasi, dan juga bisa menjadi sarana pendidikan hingga hiburan. Bukan hanya berbagi informasi melalui lisan saka, siaran dari TV digital juga mampu memberikan informasi melalui media gambar bergerak (video) hingga tulisan.

Baca Juga :  5 Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

Komputer (Computer)

Komputer (Computer)
Komputer (Computer) sebagai salah satu contoh teknologi informasi yang sering digunakan untuk mengolah data ataupun menyajikannya kepada orang lain sebagai pengguna.

Smartphone (Gadget)

Smartphone (Gadget)

Smartphone (Gadget) merupakan salah satu contoh teknologi informasi yang sangat sering kita jumpai. Smartphone (Gadget) dapat membantu masyarakat dalam berbagi informasi secara lisan. Smartphone (Gadget) pun memiliki bentuk yang bermacam-macam dengan fitur dan kecanggihan yang terus mengalami perkembangan begitu pesat.

Sebelum adanya Smartphone dengan kecanggihan seperti saat sekarang ini, kita hanya bisa menemukan yang namanya Telepon. Awal mulanya telepon listrik ditemukan oleh seorang ilmuwan yang bernama Alexander Graham bell pada tahun 1976 yang lau. Setelah itu, telepon pun terus berkembang hingga menjadi telepon genggam dan kemudian menjadi Smartphone seperti yang kita kenal saat ini.

Email

Email

Kamu pastinya tidak asing lagi dengan teknologi yang satu ini. Saat ini hampir setiap orang yang sering kita jumpai memliki akun email pada Smartphone yang ia miliki. Dengan adanya email, siapapun bisa dengan mudah membagikan berbagai informasi kapanpun dan dimanapun, bahkan hingga lintas negara dalam hitungan detik, tanpa biaya sepeserpun.

Koran ataupun Berita Online

Koran ataupun berita online
Koran atau surat kabar dimanfaatkan untuk berbagi informasi terkini dan aktual. Di Indonesia, koran atau surat kabar pertama kali diterbitkan pada tahun 1744 ketika masa pemerintahan belanda dan menjadi cikal bakal adanya pos Indonesia.

Saat ini koran bukan saja menggunakan media cetak, melainkan kita sudah bisa menikmati berbagai informasi ataupun berita melalui Smartphone kita dengan melihat berita online. Seperti detik.com dan yang lainnya

Baca Juga :  Teknologi Informasi Komunikasi Terbaru 2024 : Menghubungkan Dunia Digital

Radio

Radio
Hingga saat ini contoh teknologi informasi yang satu ini radio sudah jarang kita temukan. Radio ini mirip seperti Televisi (TV), radio juga merupakan media massa yang memberikan berbagai informasi dan juga hiburan. Radio hanya mengandalkan media suara sedangkan televisi juga menampilkan visual.

Kelebihan dari media radio dibandingkan Televisi (TV) adalah media ini relatif lebih murah dan bisa didengarkan oleh siapa saja.

Youtube

Youtube

Memasuki tahun 2020 keatas, media Televisi semakin ditinggalkan oleh masyarakat, terlebih dengan hadirnya youtube yang bisa digunakan untuk melihat dan berbagi video dari seluruh dunia secara gratis.

Cukup dengan bermodalkan internet dan perangkat keras berupa laptop, smartphone, tablet saja ataupun komputer. Bahkan beberapa media berita secara digital juga mulai merambah ke channel youtube ini untuk memudahkan pemberitaan informasi dan yang lainnya.

Media Online

Media Online

Dengan adanya media online tentu saja bisa memudahkan masyarakat dalam menikmati suatu informasi maupun berita melalui internet. Dengan adanya media online ini juga sangat strategis sebagai sarana publikasi suatu kegiatan ataupun aktivitas yang sedang ramai dibicarakan.

Saat sudah banyak media online yang setiap harinya memberikan berita informasi terbaru dan terupdate, seperti Detik dan Kompas. Keduanya bisa diakses dengan sangat mudah lewat gadget yang kita miliki. Apapun informasi yang disuguhkan oleh media online, kita jadi tahu perkembangan yang sedang terjadi saat ini.

Baca Juga :  10 Contoh Teknologi Komunikasi Modern Paling Sering Digunakan

Podcast

Podcast

Selain Youtube, baru-baru ini juga dikenal dengan adanya Podcast, yaitu hasil rekaman ataupun live yang dapat didengarkan oleh berbagai khalayak umum cukup dengan menggunakan jaringan internet dan gadget saja. Sebenarnya, podcast adalah salah satu bentuk dari perkembangan radio. Istilah podcast ini mulai sering digunakan sejak tahun 2004 dan dipopulerkan oleh jurnalis majalah The Guardian bernama Ben Hammersley.

Sebenarnya kata podcast terdiri dari dua kata yaitu “Play on Demand” dan juga “Broadcast” atau singkatnya siaran yang dapat dimainkan kapan saja sesuai keinginan para pendengar. Akhir-akhir ini, berbagai brand juga mulai memanfaatkan media ini dan mengeluarkan produk khusus dari perusahaan mereka. Seperti Apple meluncurkan Apple Podcast atau Spotify dengan fitur Podcast-nya yang semakin modern.

Software Content Management

Software Content Management

Dengan berkembangnya teknologi informasi komunikasi (TIK), kamu dapat dengan mudah mengolah data maupun informasi dengan menggunakan software yang tersedia di internet dan membagikannya dengan orang-orang di seluruh dunia. Contohnya saja Blogspot (blogger) ataupun WordPress yang dapat kamu gunakan untuk membagikan informasi lewat tulisan, gambar dan bahkan memasukkan media suara (musik) hingga video (youtube).

Baca Juga :  Terbaru ! Jurusan Sains Data : Membangun Karir di Era Digital 2024

Video Conference

Video Conference

Contoh teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin populer ketika masa pandemi covid-19 melanda adalah konferenesi video (Video Conference). Dengan penerapan sistem Kerja dari rumah (WFH), teknologi konferensi video seperti Zoom, Google Meet dan yang lainnya semakin banyak digunakan orang-orang untuk membantu mereka dalam pekerjaannya.

Telegraf (Telegraph)

Telegraf (Telegraph)

Telegraf merupakan mesin atau alat yang memakai teknologi telegrafi (pengirim pesan jarak jauh). Telegraf berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dari jarak yang cukup jauh. Biasanya pesan yang dikirim ataupun diterima melalui telegraf menggunakan kode morse sebagai kode komunikasinya.

Kesimpulan :

Nah, itu tadi contoh 12 teknologi informasi beserta penjelasannya yang bisa kita pelajari bersama. Perkembangan teknologi begitu sangat cepat, tiga puluh tahun lalu mungkin kita tidak pernah terpikirkan dan membayangkan bahwa akan ada teknologi canggih seperti sekarang ini.

Ada juga banyak contoh peralatan teknologi informasi diberbagai bidang yang bisa kamu ketahui. Bukan hanya mengetaui contoh-contohnya, kamu juga bisa mengetahui berbagai Manfaat Teknologi diberbagai Bidang.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Website Penghapus Background Photo Secara Online dan Gratis

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat, Terimakasih.


Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *