Apa itu Mobile-first Indexing

Apa itu Mobile-first Indexing. Apa yang dimaksud dengan Mobile-first Indexing yang baru-baru ini diumumkan oleh Google per tanggal 26 Maret 2018. Bila dicerna dari makna mobile-first indexing adalah bahwa halaman website dengan versi mobile yang akan di indeks terlebih dahulu dari pada website yang bukan versi mobile.

Versi mobile artinya, website yang mudah diakses lewat smart phone dengan tampilan menyesuaikan layout pada sebuah smart phone atau sering disebut dengan istilah mobile friendly atau responsive website.

Namun agak sedikit membingungkan dengan statemen dari google berikut ini “For sites that have AMP and non-AMP pages, Google will prefer to index the mobile version of the non-AMP page.”

Artinya untuk website atau situs yang menggunakan AMP (Accelerated Mobile Pages) dan yang tidak menggunakan AMP, google akan lebih mengutamakan peng indeksan untuk versi mobile (smart phone) yang tidak menggunakan AMP (non AMP).

Padahal AMP itu adalah mobile friendly yang sudah banyak di gunakan oleh para pemilik website karena AMP ini merupakan rekomendasi dari google dalam mempercepat load sebuah website.

Lagi dikatakan bahwa Mobile-first indexing adalah bagaimana google mengumpulkan informasi dari sebuah website dan bukan untuk memberi ranking pada sebuah informasi (halaman website) tersebut sehingga informasi yang dikumpulkan melalui proses mobile-first indexing tidak lah memiliki nilai ranking terhadap informasi yang belum dikumpulkan untuk website versi desktop.

Intinya, google melihat bahwa pengguna smart phone sudah melebihi pengguna desktop sehingga google lebih mengutamakan kepuasan users (user experience) dalam mencari informasi lewat mesin pencari google dan informasi yang akan terindeks lebih utama adalah informasi (halaman) website yang sudah terintegrasi dengan versi mobile.

Bagi teman-teman yang memiliki pengalaman mengenai mobile-first indexing ini, boleh berbagai karena saya juga masih belum paham 100% mengenai apa itu mobile-first indexing. Bravo!

Foto: techwyse.com


Apa ini?

Update terakhir : 17 September 2018