Pembayaran Adsense kembali ke Western Union

Tepatnya per tanggal hari ini (blog ini dibuat), pembayaran adsense kembali ke western union yang sebelumnya mencoba untuk pembayaran adsense via wire transfer bank Danamon. Ada kisah duka naik turun, jatuh bangkit dari membangun sebuah adsense.

Setelah berkiprah di Adsense sejak 2008, bila dilihat dari perkembangannya, masih jauh dari para mastah-mastah yang mungkin sudah ber digit-digit per bulannya. Saya sendiri masih mengalami jatuh bangkit di dunia adsense.

Setelah 3 bulan off terhitung September, Oktober dan November 2017 silam, tidak bisa payout (sebelum itu, dari tahun 2012 tiap bulan payout) karena belum memenuhi kriteria adsense yaitu minimal payout $100 atau sekitar 1,3 juta perak. Hal ini membuat saya sedikit berpikir ada apa? Nilai cpc sangat rendah berkisar antara $0.02 s.d $0.03 ditambah lagi dengan traffic yang drop. Alhasil, sangat sulit untuk menembus $100 per bulan sehingga butuh 3 bulan untuk mengumpulkan pundi-pundi dollar tersebut untuk bisa payout.

Namun segala sesuatu ada hikmatnya, melalui kejadian ini, saya ditantang untuk berpikir dan serius membuat niche site yang sudah dibangun per Desember 2017 silam. Syukurlah, dengan kejadian sebelumnya, saya menjadi memiliki 1 satu blog lagi yang benar-benar murni hasil pencarian organic traffic dari google yang kurun waktu 3 bulan sejak Desember s.d Februari, hasil pencarian bisa tembus diangka 56.000 dalam satu bulan dengan organic traffic.

Pembelajaran mengenai SEO pun jadi semakin mengerti melalui blog yang baru dibangun karena benar-benar berhati-hati dalam membangunnya dan setiap langkah demi langkah harus diperhatikan agar mendapatkan posisi yang baik di SERP google.

Pada hari ini, seluruh publisher Indonesia mengalami kebahagiaan karena tepat tanggal 21 dan 22, berita bagus dari adsense yaitu, payout bagi para publisher yang sudah memenuhi kriteria yaitu minimal payout $100. Saya pun demikian, sebelum tanggal 15 kemaren, saya coba lagi ubah metode pembayaran adsense kembali ke western union (WU) karena merasa rindu dengan WU, dimana selama bertahun-tahun sudah menggunakan WU.

Ada juga ternyata rasa rindu kembali ke Western Union untuk pembayaran adsense tiap bulannya. Sejak bangkitnya blog yang baru ini, kini mulai lagi aktif payout yaitu per bulan dengan rata-rata payout masih dibawah $300. Berikut screenshotnya untuk payout bulan Maret 2018 (hasil dari tanggal 1 s.d 28 Februari 2018).

Pembayaran Adsense kembali ke Western Union

Hasil adsense per Februari ini masih belum di take out dari WU sampai tulisan ini dibuat. Bila sebelumnya 3 bulan off dan baru bisa payout dengan nilai dibawah $150, saat ini, saya bersyukur dengan 28 hari sudah tembus $270.

Sekali lagi, saya tidak sedang pamer, tetapi satu hal yang saya ingin sampaikan adalah, saat jatuh bangun dalam sesuatu hal, percayalah selalu ada hikmatnya untuk diambil dan kembali bangkit dengan ide yang baru. Saya sendiri, bila tidak off 3 bulan, mungkin saya tidak memiliki 1 blog yang mendobrak pendapatan dari adsense ini. Hasil adsense ini didominasi dari hanya 1 blog saja.

Semangat terus bagi para publisher!


Apa ini?

Update terakhir : 17 September 2018