10 Contoh Teknologi Komunikasi Modern Paling Sering Digunakan

Teknologi Komunikasi Modern
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Dengan perkembangan teknologi yang ada seperti sekarang ini sangat memberikan pengaruh dalam kehidupan bermasyarakat. Contoh teknologi komunikasi modern yang terus mengalami perubahan dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan teknologi yang ada sebelumnya.

Teknologi Komunikasi Modern :

Komunikasi menjadi bagian yang tidak dari kehidupan manusia. Komunikasi juga menjadi bagian yang cukup penting dari suatu ekspresi dan interaksi manusia itu sendiri. Coba perhatikan sekeliling kita, banyak yang telah berubah dari waktu ke waktu. Dunia teknologi bergerak dengan cepat dan kita harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada.

Perkembangan dunia yang begitu pesat mengantarkan kita kepada penemuan baru dan juga inovasi yang terbaru. Kita dapat merasakan itu semua mulai dari bangun tidur hingga akan tidur lagi. Kita sangat sering menggunakan dan memanfaatkan teknologi yang ada termasuk teknologi komunikasi itu sendiri.

Baca Juga :  Masa Depan Karir Lulusan Teknik Informatika : Peluang dan Tantangan

Dengan adanya kemajuan teknologi modern, hal itu juga mempengaruhi dalam hal berkomunikasi antara manusia dengan manusia yang lainnya diberbagai belahan dunia.

Pengertian Teknologi Komunikasi :

Komunikasi merupakan proses pertukaran kata, tanda, dan juga informasi dengan orang lain. Komunikasi memberikan kesempatan kepada kita untuk bisa saling memberikan dan juga bertukar informasi.

Komunikasi yang efektif dapat membuat orang lain dekat dan memahami apa yang kita sampaikan. Kita juga memahami orang lain dari komunikasi yang ia sampaikan baik secara langsung ataupun tidak langsung.

Nah, Teknologi Komunikasi mengarah kepada semua alat yang kita gunakan untuk menerima, mengirim, dan memproses informasi yang diperoleh.

Sebutkan Contoh Teknologi Komunikasi :

Teknologi telah mengubah gaya hidup manusia, dan itu semua dapat mempengaruhi berbagai sektor termasuk komunikasi.

Contoh teknologi komunikasi yang ada disekitar kita atau mungkin sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi komunikasi contohnya adalah sebagai berikut ini :

Televisi (TV).

Televisi terus mengalami inovasi selama bertahun-tahun. Pada awalnya televisi hanya menampilkan gambar dengan warna hitam putih, atau sering disebut dengan TV hitam putih. Dengan adanya perkembangan teknologi yang begitu cepat dan pesan, kini kita dapat menikmati telvisi yang berbagai warna dan siaran yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman yang ada.

Baca Juga :  8 Contoh dan Manfaat Teknologi dibidang Pendidikan

Bahkan baru-baru ini, lagi-lagi televisi mengalami perubahan dan inovasi. Televisi yang awalnya bisa digunakan menggunakan analog / antena, kini untuk tetap dapat menikmati berbagai saluran televisi kita harus menggunakan Set Top Box (STB) karena sinyal dan jaringan televisi pada hari ini sudah menggunakan jaringan digital.

Smartphone (Telepon Pintar).

SmartPhone - Teknologi Komunikasi Modern

Handphone atau telepon yang sering kita gunakan sudah mengalami perubahan yang begitu pesat. Hari ini Handphone mengalami inovasi seiring dengan perkembangan teknologi yang ada. Perubahan yang terjadi membawa berbagai inovasi sehingga menjadikan semakin canggih dan hari ini dikenal dengan nama Smartphone (Telepon Pintar).

Smartphone yang ada sekarang ini dengan kecanggihannya sudah bisa terhubung jaringan internet yang memberikan akses tak tertabat didalam dunia maya. Tanpa kita sadari, kita sudah sering memanfaatkan daripada contoh teknologi komunikasi modern yang satu ini.

Tablet.

Tablet merupakan reinkarnasi daripada komputer yang dapat dioperasikan dengan pena yang telah disesuaikan. Sedikit berbeda dari segi bentuk dan kebutuhan daripada smartphone. Tablet juga telah mengalami perubahan dan inovasi dari waktu ke waktu sehingga tablet mengalami peningkatan kecanggihan dan semakin memberikan banyak manfaat bagi para penggunanya.

Baca Juga :  Pahami Jurusan Sistem Informatika Terkini : Menyongsong Era Digital dengan Keterampilan Teknologi Informasi

Smartwatch (Jam Pintar).

Smartwatch - contoh teknologi modern

Smartwatch ini merupakan contoh teknologi komunikasi yang ada disekitar kita. Smartwatch sudah ada sejak tahun 1998 dan dikenalkan oleh Steve Mann asal Kanada. Smartwatch memiliki layar dengan teknologi komputerisasi dan bisa dihubungkan dengan smartphone yang dimiliki. Ketika ada notifikasi yang muncil di smartphone, bisa tampila pada layar smartwatch yang digunakan.

Smartwatch ini juga merupakan teknologi yang terus mengalami inovasi sehingga kecanggihannya terus bertambah dari hari ke hari. Smartwatch ini bisa kamu temui diberbagai toko elektronik gadget yang ada disekitar kamu.

Telepon.

Sebelumnya kita telah membahas yang namanya Smartphone. Telepon merubahan generasi awal daripada smartphone itu sendiri. Telepon atau yang lebih dikenal dengan HP seluler juga merupakan contoh teknologi komunikasi yang sering kita gunakan.

Berbeda dengan smartphone, telepon ini belum mendukung teknologi internet, sehingga belum bisa digunakan untuk berselancar didunia maya ataupun mencari berbagai informasi yang ada di internet.

Faxmile (Faksimili).

Faxmile merupakan alat komunikasi yang sering digunakan untuk saling bertukar informasi maupun dokumen dengan memanfaatkan jaringan kabel telepon analog.

Baca Juga :  Program Informatika: Menggali Potensi di Era Digital Sekarang ini

Faxmile terbentuk dari kombinasi dan juga mesin fotocopy. Cara kerja pada faxmile juga merupakan gabungan fungsi antar beberapa alat seperti telepon, fotocopy, scanner dan juga alat printer.

Radio.

Radio merupakan alat komunikasi suara yang memanfaatkan sinyal sehingga bisa menghasilkan informasi berupa suara dan dapat didengarkan oleh banyak orang.

Handy Talky.

Handy talky merupakan contoh teknologi komunikasi yang sering digunakan untuk saling berkomunikasi ataupun bertukar informasi dengan jarak yang sudah ditentukan. Jarak penggunaan handy talky tidak bisa terlalu jauh digunakan seperti telepon ataupun smartphone.

Penggunaan handy talky memanfaatkan jaringan radio dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Handy talky juga digunakan untuk saling berkomunikasi antara 2 orang atau lebih. Komunikasi yang dihasilkan dari handy talky hanya bersifat sementara dan tidak bertahan dengan lama karena saluran yang digunakan bisa berganti setiap waktunya.

Intercom.

Intercom merupakan alat komunikasi dengan memanfaatkan teknologi tanpa kabel yang dapat menghubungkan antar satu ruangan dengan ruangan lainnya. Akan tetapi intercom ini juga memiliki kekurangan dari segi radius ataupun jangkauannya yang tidak begitu luas.

Baca Juga :  Jurusan Data Sains Terbaru : Membuka Pintu Menuju Dunia Analitik

Email.

email - Teknologi Modern

Ray Tomlinson merupakan orang yang pertama kali menemukan email pada tahun 1971. Pada saat itu Ray Tomlinson merupakan seorang yang bekerja pada program Arpanet.

Email adalah contoh teknologi komunikasi dengan teknologi surat elektronik yang bisa digunakan untuk menerima dan juga mengirim pesan kepada orang lain dengan jangkauan yang sangat luas. Informasi yang dikirimkan bisa berupa teks, gambar, atau bahkan video sekalipun.

Email bisa kita dapati pada smartphone yang kita miliki. Hari ini email menjadi bagian yang cukup penting diberbagai bidang, baik bidang pendidikan, kesehatan, bisnis, dan bidang-bidang lainnya.

Penggunaan dan pemanfaatan email juga cukup beragam dan bisa digunakan oleh siapa saja yang ingin menjalin komunikasi dengan surat elektronik (email), kepada siapapun dan kapanpun selama masih terkoneksi dengan jaringan internet.

Teknologi Komunikasi Abad 21 :

Pada abad 21 seperti sekarang ini, teknologi terus mengalami perubahan dan inovasi secara terus menerus. Adanya berbagai alat komunikasi canggih yang ada disekitar ini merupakan contoh perkembangan teknologi komunikasi itu sendiri.

Baca Juga :  Terbaru 11 Alasan Memilih Jurusan IT di Era Digitalisasi

Teknologi komunikasi hari ini pada abad 21, sangat terbantu dengan adanya teknologi lainnya yaitu internet. Kita bisa dapati banyak contohnya disekitar kita.

Contoh teknologi peralatan komunikasi yang ada saat ini adalah martphone, Tablet, Laptop, Komputer dan yang lainnya.

Kesimpulan :

Masih ada banyak lagi contoh teknologi modern yang bisa kita temukan disekitar ini. Dalam artikel ini kami coba membahas 10 Contoh Teknologi Komunikasi Modern Paling Sering Digunakan.

Semoga artikel ini dapat membantu kita untuk mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang baru sehingga bisa memberikan manfaat kepada kita semua. Terimakasih.


Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *