Rekomendasi 5 Personal Digital Assistant Untuk Kamu, Gratis!

Personal Digital Assistant
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Pernah dengar Google Assistant ?? Ya, kita pasti sering mendengar kata Google assistant. Google assistant sendiri merupakan salah satu dari beberapa personal digital assistant.

Jika berbicara tentang personal digital assistant, yang terbayang di benak kita adalah Google Assistant yang dibuat oleh Google dan siri yang dikembangkan oleh Apple. Personal digital assistant digunakan untuk dapat membantu keseharian manusia di era modern seperti sekarang ini. Personal Digital Assistant dapat mencarikan informasi cuaca, mengorganisir sesuatu dan menerjemahkan kalimat.

Pengertian Personal Digital Assistant :

Personal digital assistant adalah asisten digital pribadi (bahasa Inggris: Personal Digital Assistant; PDA) yang sebuah alat/ perangkat elektronik berbasis komputer dan berbentuk kecil serta bisa dibawa ke mana-mana. Pada awalnya personal digital assitant banyak digunakan sebagai pengorganisir pribadi. Tetapi dengan perkembangan yang ada kemudian bertambah banyak fungsi kegunaannya, bisa seperti kalkulator, penunjuk jam dan waktu, game komputer, akses internet, mengirim dan menerima email (surat elektronik), menerima suara radio, merekam video, dan pencatat memo dari kegiatan ataupun aktivitas tertentu.

Baca Juga :  7 Tren Teknologi Masa Depan : Mengungkap Inovasi dan Dampaknya

Selain itu, dengan personal assitant ini, kita dapat menyimpan alamat, membaca buku elektronik, menggunakan GPS dan masih banyak lagi fungsi lainnya. Bahkan versi personal digital ssistant yang lebih terbaru dan canggih dapat digunakan sebagai telepon genggam, mengakses internet, intranet, atau extranet melalui Wi-Fi ataupun jaringan wireless. Salah satu ciri khas yang ada pada PDA yang paling utama adalah fasilitas layar sentuh.

Perkembangan Digital Assistant :

Perlu kamu ketahui bahwa digital assistant telah mengalami berbagai perubahan sejak awal diciptakan hingga sekarang. Temukan fakta-fakta menarik seputar digital assistant didalam artikel ini!

Prototipe digital assistant :

Pada tahun 1991 prototipe digital assistant telah diciptakan. Radio Rex merupakan mainan pertama yang bisa diaktifkan melalui perintah suara. Pada tahun 1962 ada pula PDA yang baru dirilis yaitu IBM Shoebox dan bisa mengenali 16 bentuk kata yang diucapkan dan angka dari 0 sampai 9.

Berlanjut pada tahun 1970, ada Harpy yang telah diciptakan oleh Carniege Mellon University yang bisa menguasai hingga 1.000 kosakata, itu merupakan setara dengan anak berusia 3 tahun. Pada tahun 1990-an, ada teknologi pengenalan suara digital yang menjadi fitur yang bisa disisipkan dalam komputer pribadi oleh Microsoft, IBM dan Phillips.

Baca Juga :  10 Manfaat Teknologi Manufaktur : Transformasi Industri Menuju Efisiensi dan Inovasi

Cara Kerja Personal Digital Assistant :

Sederhananya cara kerja digital assistant adalah bekerja dengan memproses suara untuk melakukan tugas yang kita inginkan. Mulai dari input suara, kemudian teknologi di dalamnya akan melakukan proses Natural Language Processing (NLP) kemudian digital assistant akan memberikan output berupa suara juga.

Jadi, asisten digital bereaksi terhadap perintah suara yang diberikan dan memberikan informasi yang sesuai kepada pengguna tentang perintah yang telah kita berikan. Bahkan pada perkembangan personal digital assistant 2022 sudah bisa mendeteksi suara dari berbagai bahasa yang ada.

Tugas Digital Assistant :

Diantara tugas digital assistant adalah membantu kita untuk mencarikan informasi, mulai dari informasi cuaca, lalu lintas maupun berita. Digital assistant juga bisa menjawab berbagai pertanyaan, menjadi ensiklopedia digital yang dapat memberi kita suatu rekomendasi. Bukan hanya itu, kita bisa memberikan perintah untuk melakukan panggilan telepon dan juga mengirim pesan teks.

Masih fitur yang dimiliki oleh digital assistant itu sendiri. Seperti menterjemahkan bahasa asing, mendeteksi suatu lagu, mengelola daftar tugas yang ada, mengatur alarm dan juga membantu untuk berbelanja online. Dengan kecanggihan yang ada, kita akan sangat terbantu dengan adanya digital assistant.

Baca Juga :  9 Tren Teknologi yang Sedang Naik Daun : Masa Depan Inovasi yang Mengesankan

5 Personal Digital Assistant Terbaik :

Personal digital Assistant atau virtual assistane merupakan software yang dapat melakukan tugas dan layanan tertentu bagi seseorang yang menggunakannya. Ada istilah “chatbot” yang juga disematkan kepada virtual assistant yang bisa diajak untuk ngobrol demi tujuan hiburan atau hal yang lainnya.

Virtual Assistant cenderung efektif dan juga responsif dalam melakukan tugasnya ketika diberikan suatu perintah. Sehingga rutinitas atau aktivitas yang kamu lakukan dengan smartphone bisa lebih mudah.

Nah, dia 5 virtual assistant yang wajib kamu coba di smartphone kamu. Mari kita simak ulasannya berikut ini :

Amazon Alexa.

Alexa Amazon - Personal Digital Assistant

Amazon Alexa merupakan asisten pribadi yang hebat dalam tugas yang diberikan. Tapi, penggunannya hanya bisa dilakukan di beberapa perangkat saja, seperti Amazon Fire atau Amazon Echo saja yang bisa untuk menggunakan asisten pribadi ini.

Aplikasinya juga tersedia di Play Store dan hanya bisa berguna sebagai perantara antar perangkat saja. Alexa bisa melakukan perintah pencarian web, berinteraksi dengan barang rumah yang pintar (SmartHome), dan bisa juga digunakan untuk memesan pizza.

Baca Juga :  Tren Teknologi Smart Energy 2024 : Transformasi Energi yang Cerdas

Asisten digital miliki amazon ini terlihat eksklusif dan juga mahal, sehingga perangkat sangat terbatas untuk bisa digunakan.

Bixby Samsung.

Bixby Samsung - Personal Digital Assistant

Bixby Samsung merupakan aplikasi asisten digital pribadi milik Samsung. Informasi yang kami dapat, Bixby hanya bisa digunakan di perangkat Samsung saja.

Bixby ini bisa digunakan untuk menjalan pernitah penelusuran web, mendownload aplikasi dari Google Play dengan menggunakan suara, hingga dukungan langsung dari aplikasi sejenis lainnya yang dimiliki oleh Samsung. Ini merupakan beberapa dari banyaknya kegunaan utama dari aplikasi Bixby ini.

Bixby juga bisa mendukung teknologi “SmartHome” dengan koneksi hub yang dimiliki samsung. Tapi, sayangnya hanya bisa digunakan selama satu tahun saja. Secara fungsi, Bixby bisa sangat membantu dan juga mudah untuk digunakan sebagai teman sekaligus asisten pribadi digital kita.

Cortana Windows

Cortana Windows  - Personal Digital Assistant

Cortana Windows bisa kita temui diperangkat komputer ataupun laptop. Cortana sendiri merupakan software buatan dari Microsoft, dan kamu bisa temui cortana pada windows 10 dan generasi windowsnya diatasnya.

Cortana memiliki tugas, fungsi, dan manfaat sama seperti asisten digital pribadi lainnya. Selain itu, Cortana juga dijalankan dengan perintah untuk menelepon seseorang, mengirim SMS atau email, hingga membuat catatan di kalender.

Baca Juga :  5 Tren Teknologi Internet of Things (IoT) : Menuju Era Keterhubungan yang Lebih Luas

Asisten digital pribadi milik Microsoft ini sangat bisa kamu coba, terlebih lagi pengembangan yang selalu aktif dan mampu menawarkan lebih banyak potensi dan fitur lainnya untuk kedepannya.

Google Assistant.

Google Assistant - Personal Digital Assistant

Google Assistant sangat sering kita dengar atau bahkan kita sendiri juga sudah sering menggunakan aplikasi yang satu ini. Sejauh ini google assistant merupakan aplikasi asisten digital pribadi terbaik untuk perangkat android. Fitur-fitur yang ada di google asisten juga beragam dan bisa mencakup hal-hal dasar sampai hal-hal yang lebih besar dan maju yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Bahkan, google assistan ini juga bisa diintegrasikan dengan beberapa teknologi pintar lainnya seperti lampu Philips Hue. Google assistant bukan hanya yang terbaik saja, tapi juga berhasil konsisten dan terus melakukan pengembangan untuk menambah fitur dan stabilitas yang bisa digunakan oleh para penggunanya.

Google assistant bukan hanya untuk smartphone android saja. Kini juga sudah tersedia pada perangkat lainnya seperti google home dengan teknologi artificial intelligence (AI) yang ditanamkan pada perangkat tersebut.

Baca Juga :  7 Rekomendasi Situs Web Cek Plagiarisme Akurat dan Gratis Secara Online

Siri Apple :

Siri Apple - Personal Digital Assistant

Siri Apple merupakan asisten digital pribadi yang cerdas dan tersedia untuk berbagai macam produk Apple seperti iOS, watchOS, tvOS dan macOs. Siri menggunakan UI interaktif dan suara alami yang berguna untuk menjawab berbagai pertanyaan, memberikan rekomendasi, dan melakukan banyak perintah dari pengguna lewat interaksinya melalui internet.

Hasil yang dimunculkan dari aplikasi ini bersifat individual, menyesuaikan dengan bahasa dan refrensi pencarian para pengguna. Saat ini, Siri menjadi asisten pribadi terbaik dan paling responsif dalam menjalankan perintah para pengguna.

Kesimpulan :

Itu info mengenai 5 virtual assitant terbaik yang dapat membantu mempermudah aktivitas kegiatan kamu sehari-hari. Kamu perlu menginstall salah satu aplikasi diatas sesuai dengan kebutuhan untuk meningkatkan produktifitas kamu dalam keseharian.

Menggunakan Personal Digital Assistant pastinya akan sangat membantu siapapun untuk bisa lebih mempermudah, melancarkan, dan efisiensi waktu dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada.

Jika kamu punya rekomendasi asisten pribadi lainnya, tulis dikolom komentar ya! Semoga bermanfaat.


Bagikan Artikel :
Personal Digital Assistant
Previous Post

No more post

Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *