Mengenal WhatsApp Business : Fitur & Manfaat, TERBARU 2023

Mengenal WhatsApp Business
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Saat ini WhatsApp Business menjadi andalan banyak pebisnis online yang ada di Indonesia. Aplikasi tersebut diklaim memiliki banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai jenis bisnis yang sedang dijalankan.

Aplikasi WhatsApp Business bisa dimanfaatkan untuk bisnis produk ataupun jasa. Bisa juga digunakan untuk bisnis online ataupun bisnis offline yang sedang kamu jalani saat ini.

Dalam artikel kali ini, NeoTeknologi.com akan coba memberikan ulasan untuk kamu untuk bisa mengenal Aplikasi WhatsApp Business dan Ilmu Whatsapp penting lainnya, baik dari segi fitur dan juga manfaatnya yang bisa kamu gunakan untuk bisnis kamu.

Baca Juga :  Mengenal API WhatsApp Business : 20 Manfaat dan Fungsi - TERBARU

Mengenal Aplikasi WhatsApp Business.

Mengenal Aplikasi WhatsApp Business
Mengenal Aplikasi WhatsApp Business

Aplikasi WhatsApp Business adalah aplikasi yang sama dengan WhatsApp seperti biasa, namun memiliki kelebihan dan keunggulan yang bisa diandalkan untuk membantu para pebisnis.

Aplikasi ini sudah lama dikeluarkan oleh meta, dan masih satu perusahaan dengan Aplikasi Sosial Media facebook dan instagram. Aplikasi ini memang dibuat untuk membantu banyak pebisnis yang ada diseluruh dunia.

Memiliki fitur yang lebih canggih dibanding dengan wa biasa menjadikan aplikasi ini sebagai aplikasi wajib untuk para pebisnis yang ingin lebih mudah untuk melakukan bisnis baik secara offline maupun online.

Hari ini Aplikasi WhatsApp telah digunakan oleh banyak orang diseluruh dunia, itu membuktikan bahwa kamu yang sedang menjalani bisnis harus menggunakan wa bisnis untuk dapat menjangkau banyak orang. Kamu bisa gunakan sebagai media promosi jasa dan juga produk yang kamu jual.

Aplikasi ini secara khususu dibuat untuk membantu para pebisnis. Sampai sekarang ini sudah banyak pebisnis yang merasakan manfaat dengan adanya aplikasi yang satu ini.

Walaupun aplikasi ini telah dipakai banyak orang, aplikasi ini tetap cukup stabil dan lancar seperti penggunaan aplikasi biasa. Walau dengan berbagai fitur yang lebih lengkap dari wa biasa, aplikasi wa bisnis ini jarang ada kendala eror ketika digunakan.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Link WA Langsung ke Chat Secara GRATIS

Manfaat WhatsApp Business.

Manfaat WhatsApp Business
Manfaat WhatsApp Business

Menggunakan WA Bisnis pastinya akan sangat membantu para pebisnis dalam melakukan berbagai aktifitas interaksi kepada calon pelanggan ataupun pelanggan setia yang mereka miliki.

Jika kamu belum menggunakan aplikasi wa bisnis ini, ada baiknya untuk kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja Manfaat WhatsApp Business yang satu ini. Berikut beberapa manfaatnya yang dapat kamu ketahui.

1. Memudahkan Komunikasi dan Interaksi.

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan wa bisnis adalah memudahkan kamu untuk melakukan komunikasi dan interaksi dengan calon pelanggan. Calon pelanggan kamu juga dengan mudah untuk bisa berkomunikasi dan melakukan interaksi ke kamu.

Dengan begitu kegiatan bisnis akan sangat terbantu dengan mudahnya komunikasi dan interaksi antara penjual dan juga pembeli.

2. Profil Bisnis Profesional.

Manfaat WhatsApp Business lainnya yang bisa kamu rasakan adalah kamu bisa mengatur profil bisnis kamu sehingga keliatan lebih profesional. Hal ini tentunya akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan kamu untuk melakukan transaksi pada bisa yang kamu jalani.

Pada profil bisnis, kamu bisa membuat nama toko kamu dan juga deskripsi singkat mengenai toko bisnis online kamu. Kamu juga bisa mengatur informasi alamat, informasi website toko online, dan juga informasi jam operasional yang dilakukan toko kamu.

Baca Juga :  150+ Kumpulan Link Grup WhatsApp Bisnis Online Terbaru 2023

Dengan begitu akan memudahkan orang lain untuk mendapatkan berbagai informasi penting dari toko online yang kamu miliki. Dengan profil bisnis profesional yang dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan, ini akan menjadikan bisnis kamu lebih baik lagi dari yang sebelumnya.

3. Pesan Otomatis.

Dengan aplikasi whatsapp business, kamu bisa membuat pesan otomatis untuk mempermudah kamu membalas pesan dari calon konsumen. Kamu bisa membuat pesan otomatis untuk orang yang pertama kali menghubungi nomor wa bisnis kamu.

Pesan otomatis ini juga menjadi bagian penting untuk bisnis kamu, dengan begitu para pelanggan tidak harus menunggu lama untuk mendapatkan jawaban dari kamu karena adanya pesan otomatis.

4. Jawaban Otomatis.

Kamu juga bisa menyiapkan jawaban otomatis untuk para pelanggan kamu. Biasanya orang-orang yang akan membeli produk ataupun jasa akan memberikan beberapa pertanyaan seputar jasa ataupun produk tersebut.

Dengan begitu, kamu bisa menyiapkan beberapa pertanyaan umum mengenai bisnis kamu dan menyiapkan jawabannya secara otomatis. Sehingga kita calon pelanggan mengklik salah satu pertanyaan yang kamu buat, mereka akan langsung mendapatkan jawabannya tanpa harus menunggu lama.

5. Informasi Otomatis.

Manfaat WhatsApp Business lainnya adalah kamu bisa membuat informasi secara otomatis. Jika kamu pernah mendapati pesan seperti ini “Maaf Toko Kami Sedang Tutup, Kami Akan Merespon Pesan Anda Secapatnya” itu merupakan informasi otomatis yang dibuat menggunakan Aplikasi WhatsApp Business.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Link WA Business Terbaru (Mudah & Gratis)

Kamu bisa membuat informasi otomatis untuk menjawab pesan dari orang lain yang menghubungi kamu disaat hari libur ataupun diluar jam operasional toko online kamu. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan kebutuhan bisnis online yang kamu miliki.

6. Produk Katalog.

Manfaat WA Bisnis lainnya adalah Katalog Produk. Kamu bisa membuat katalog berbagai produk ataupun jasa yang kamu miliki. Kamu bisa menambahkan informasi dibagian deskripsi dan juga informasi mengenai harga yang kamu tawarkan.

Dengan begitu calon konsumen akan lebih mudah untuk mengetahui apa saja produk dan jasa yang disediakan oleh toko online kamu.

7. Memudahkan Proses Transaksi.

Aplikasi WA Bisnis memberikan manfaat untuk para penggunanya memudahkan proses transaksi yang dilakukan. Calon konsumen tidak harus datang ke toko untuk melakukan transaksi. Transaksi bisa dilakukan dari tempat masing-masing dan mengirimkan bukti transaksi melalui aplikasi WA Bisnis.

8. Informasi Statistik Pesan.

Dengan WA Bisnis kamu bisa melihat berbagai informasi dari pesan yang kamu kirimkan kepada orang lain. Kamu bisa melihat berapa jumlah pesan yang sudah terkirim, berapa jumlah yang sudah dibaca, dan informasi berguna lainnya.

9. Jangkauan Luas.

Dengan manfaat dan fitur yang dimiliki aplikasi wa bisnis memungkinkan kamu untuk menjangkau orang-orang yang berada jauh. Dengan jangkauan yang begitu luas, kamu bisa dengan mudah mempromosikan jasa dan produk yang kamu miliki.

Baca Juga :  5 Cara Membuat Link WhatsApp Business Secara Gratis

10. Pesan Massal.

Ketika kamu menggunalan aplikasi wa bisnis, ini memungkinkan kamu untuk mengirim pesan secara massal kepada kontak wa yang kamu miliki. Istilahnya lebih dikenal dengan “Broadcast WA“, hal ini pastinya akan sangat membantu ketika kamu melakukan promosi bisa sekaligus ke banyak orang.

11. Aman dan Terpercaya.

Manfaat Whatsapp lainnya ada aman dan terpercaya. Kamu bisa menggunakan aplikasi wa bisnis ini dengan aman dan terpercaya. Itu telah terbukti dengan rating yang dimiliki aplikasi tersebut pada Google Play Store.

12. Gratis.

Walau dengan fitur dan manfaat yang berlimpah, aplikasi wa bisnis ini juga bisa kamu gunakan secara gratis. Walaupun menyediakan fitur yang berbayar, cukup dengan yang gratisan aja akan sangat membantu proses bisnis yang sedang kamu jalankan.

13. Kategori Pesan.

Kamu bisa memberikan perbedaan dari setiap pesan yang masuk. Kamu bisa memberikan label kategori pada pesan-pesan tersebut. Ini sangat membantu kamu untuk memudahkan interaksi kepada pelanggan sesuai dengan minta mereka.

14. Membuat Link Whatsapp.

Manfaat lain dari WA Bisnis yang bisa kita rasakan adalah bisa membuat Lik Whatsapp. Link ini bisa memudahkan orang lain untuk bisa menghubungi kita dengan cepat tanpa harus menyimpan nomor wa kita terlebih dahulu.

Baca Juga :  75+ Link Grup Whatsapp Bisnis Muslim Terbaru

Fitur dan manfaat ini juga bisa kita gunakan utuk membuat Link Grup Whatsapp yang kita inginkan. Untuk bisa membuat link wa, kita juga sudah menyediakan beberapa Cara Membuat Link Whatsapp Business Secara Gratis yang bisa kamu coba.

Untuk membuat link wa sendiri kamu bisa membuatnya secara mandiri atau manual, bisa juga menggunakan Generator Link Whatsapp yang bisa kamu temui di internet.

Cara Membuat Akun WhatsApp Business.

Cara Membuat Akun WhatsApp Business
Cara Membuat Akun WhatsApp Business

Setelah kita mengenal WhatsApp Bisnis dan juga mengetahui fitur serta manfaat yang dimiliki tersebut. Ada baiknya juga kita untuk mengetahui bagaimana cara membuat akun whatsapp business.

Untuk membuat aplikasi wa bisnis, pastikan kamu sudah menyiapkan nomor telepon yang akan kamu daftarkan pada aplikasi tersebut. Kamu bisa menggunakan nomor telepon yang telah disediakan berbagai operator yang ada di Indonesia.

Cara membuat akun whatsapp business selanjutnya adalah kamu perlu mendownload Aplikasi WA Bisnis melalui platform yang telah disediakan.

Cara Mendownload WhatsApp Business.

Setidaknya ada dua cara mendownload WhatsApp Business yang bisa kamu lakukan sesuai dengan smartphone atau hp yang kamu gunakan.

1. Versi Android.

Kamu bisa mendownload aplikasi wa bisnis untuk hp android yang kamu miliki melalui Google Play Store, atau kamu bisa langsung mengklik link berikut ini “Android WA Bisnis

Baca Juga :  3 Cara Buat Link Whatsapp Dengan Teks Terbaru (GRATIS)

Aplikasi WA Bisnis versi android bisa kamu gunakan pada perangkat HP dan Tablet yang mendukung sistem operasi android. Kamu bisa menyesuaikan dengan perangkat yang kamu miliki saat ini.

2. Versi iPhone.

Untuk kamu yang menggunakan HP iPhone, untuk mendownload aplikasi wa bisnis tersebut bisa kamu lakukan melalui AppStore yang telah disiapkan. Atau kamu bisa mengklik link berikut ini “iPhone WA Bisnis

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk HP iPhone ataupun iPad yang menggunakan sistem operasi iOS.

Cara Mendaftar WhatsApp Business.

Setelah kamu menyiapkan nomor dan juga sudah mendownload aplikasinya, selanjutnya adalah cara daftar whatsapp business. Untuk melakukan pedaftaran juga sangat mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Buka Aplikasi.
  2. Klik “Setuju dan Lanjutkan
  3. Masukkan Nomor Telepon.
  4. Kamu akan dikirimi kode OTP.
  5. Memasukkan Kode OTP.
  6. Lengkapi Nama & Profil.
  7. Selesai.

Sekarang kamu sudah tau cara mendaftar whatsapp business dan sudah bisa menggunakan fitur yang ada untuk mendapatkan manfaat dari aplikasi tersebut.

Itulah cara daftar WhatsApp Business yang bisa kamu lakukan. Cara diatas bisa kamu gunakan untuk versi android ataupun versi iPhone. Sangat mudah untuk dilakukan, selamat mencoba.

Baca Juga :  18 Manfaat WhatsApp Business Untuk Bisnis Online Gratis

Cara Memverifikasi WhatsApp Business.

Sebelum kamu menggunakan API Whatsapp Business, ada baiknya untuk kamu melakukan verifikasi terlebih dahulu demi keamanan dan kenyamanan kamu saat menggunakannya.

Berikut cara memverifikasi Whatsapp Business API yang bisa kamu lakukan.

  1. Daftar BSP.
  2. Buat Akun Facebook Business Manager.
  3. Berikan BSP ID Business Manager.
  4. Memberi Izin BSP Untuk Mengirim Pesan.
  5. Tunggu Persetujuan.

Ada banyak Manfaat WA Bisnis Api yang bisa kamu rasakan ketika menggunakannya untuk meningkatkan Bisnis. Berikut kamu berikan penjelasan dari langkah-langkah cara memverifikasi whatsapp business diatas.

1. Daftar BSP.

Business Solution Partner (BSP) merupakan tempat yang bisa menghubungkan bisnis kamu dengan wa bisnis api. Untuk melakukan verifikasi akun wa bisnis itu dilakukan langsung oleh pihak internal WhatsApp.

Kamu bisa mengunjungi “Halaman BSP” untuk melakukan pendaftaran guna memverifikasi wa bisnis yang kamu miliki.

2. Buat Akun Facebook Business Manager.

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu membuat akun fb bisnis manager. Kamu bisa mengunjungi “Halaman FB Business Manager” untuk membuat akun tersebut.

Ini merupakan tahapan yang penting untuk cara memverifikasi whatsapp bisnis yang ada.

3. Berikan BSP ID Business Manager.

Setelah kamu berhasil membuat akun fb business manager, cara memeverifikasi whatsapp business selanjutnya adalah kamu perlu mendapatkan ID FB Business Manager yang kamu miliki.

Baca Juga :  25+ Manfaat WhatsApp Business Api Untuk Meningkatkan Bisnis

Untuk mendapatkan ID tersebut, kamu bisa masuk ke “Pengaturan Bisnis” kemudian “Informasi Bisnis“, nah biasanya ID tersebut ada disini silahkan kamu salin dan berikan kepada BSP pada kolom yang telah disediakan.

4. Memberi Izin BSP Untuk Mengirim Pesan.

Selanjutkan kamu perlu memberikan izin kepada BSP untuk bisa mengirim pesan atas nama kamu. Hal ini diperlukan untuk bisa melakukan verifikasi wa bisnis yang kamu miliki.

5. Tunggu Persetujuan.

Setelah semua proses sudah kamu jalankan dengan baik dan benar, langkah selanjutnya adalah menunggu persetujuan Business Solution Partner (BSP) untuk mendapatkan verifikasi wa bisnis yang kamu inginkan.

Itulah tadi cara memverifikasi whatsapp business yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba.

Cara Gunakan WhatsApp Business.

WA Bisnis bisa kamu gunakan untuk berbagai kepentingan, utamanya adalah untuk membantu bisnis yang sedang kamu jalankan. Untuk menggunakannya kamu tinggal membuka aplikasi tersebut dan menggunakannya sesuai yang kamu butuhkan.

Bisa kamu gunakan untuk mengirim pesan massal, membuat stori informasi promo yang sedang kamu lakukan atau kegiatan bermanfaat lainnya untuk bisnis kamu saat ini.

Cara Jualan di WhatsApp Business.

WA bisnis sangat bisa kamu gunakan untuk jualan. Salah satu cara jualan di WhatsApp Business adalah kamu bisa membuat katalog produk dari fitur wa bisnis yang telah disediakan.

Baca Juga :  100+ Link Grup Whatsapp Bisnis Terbaru Gratis Join 2023

Kamu juga bisa mengirimkan informasi promosi dari produk atau jasa yang kamu miliki kepada orang lain. Dan masih ada banyak lagi cara jualan di WhatsApp Business yang bisa kamu lakukan.

Perbedaan WhatsApp Business dan WA Biasa.

Ada banyak perbedaan yang bisa kamu temui pada wa bisnis dan juga wa biasa. Ada banyak fitur pada wa bisnis yang tidak dimiliki oleh wa biasa, seperti fitur katalog produk, mengirim pesan massal, membuat label pada pesan, dan yang lainnya.

Untuk lebih detailnya kamu bisa baca disini “Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Biasa”

Akhir Kata.

Sekarang kamu sudah mengenali Aplikasi WhatsApp Business serta fitur dan manfaat yang dimiliki aplikasi tersebut. Kamu juga sudah tau cara membuat akun whatsapp business serta cara untuk melakukan verifikasi pada akun wa bisnis.

WA Bisnis akan memberikan banya manfaat kepada para penggunanya dalam berbagai hal utamanya bisnis. Aplikasi ini akan sangat membantu kamu yang memiliki berbagai jenis bisnis baik online maupun offline.

Itulah tadi ulasan yang dapat kami berikan mengenai Mengenal WhatsApp Business : Fitur & Manfaat [2023]. Semoga artikel ini dapat membantu kamu untuk mengetahui fitur serta manfaat dari wa bisnis.


Bagikan Artikel :
Mengenal WhatsApp Business
Next Post

No more post

Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *