9 Contoh Teknologi Modern, Pengertian dan Manfaatnya

Teknologi Modern
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Teknologi Modern merujuk pada teknologi yang terbaru dan terkini yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Teknologi modern biasanya terkait dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, seperti internet, komputer, smartphone, dan aplikasi.

Teknologi Modern.

Teknologi modern juga bisa terkait dengan perkembangan teknologi lain, seperti teknologi transportasi, teknologi energi, dan teknologi industri.

Pengertian Teknologi Modern.

Pengertian Teknologi Modern
Pengertian Teknologi (Modern)

Teknologi modern adalah teknologi yang terbaru dan paling mutakhir yang dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti komunikasi, informasi, transportasi, industri, dan lain-lain. Teknologi terbaru biasanya memiliki tingkat efisiensi dan kemampuan yang lebih tinggi dibandingkan dengan teknologi yang ada sebelumnya, serta seringkali menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai dasar utamanya.

Baca Juga :  Rekomendasi 12 Router Wifi Terbaik, Internet Stabil dan Cepat

Teknologi modern membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia, termasuk perubahan dalam cara kerja, cara hidup, dan cara berkomunikasi. Teknologi terbaru juga membawa perubahan dalam sistem produksi, yang semakin terdesentralisasi dan tidak tergantung pada satu negara saja.

Selain itu, teknologi terbaru juga membawa perubahan dalam cara pendidikan, dengan munculnya sekolah-sekolah online yang mengajarkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibutuhkan dalam industri.

Manfaat Teknologi Modern.

Manfaat Teknologi Modern
Manfaat Teknologi (Modern)

Teknologi modern memiliki banyak manfaat yang dapat memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini beberapa Manfaat Teknologi Modern:

1. Mempermudah komunikasi.

Manfaat Teknologi Modern pertama dalah mempermudah komunikasi. Dengan adanya teknologi terbaru seperti internet, smartphone, dan aplikasi chatting membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan cepat dan mudah, bahkan jika jarak antara kita sangat jauh.

2. Menyediakan informasi yang lebih cepat dan akurat.

Manfaat Teknologi Modern selanjutnya adalah menyediakan berbagai informasi yang lebih cepat dan akurat. Dengan hadirnya teknologi terbaru seperti internet dan mesin pencari memudahkan kita untuk mencari dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dengan cepat dan akurat.

Baca Juga :  5 Manfaat Teknologi Informasi dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Mempermudah akses ke layanan.

Manfaat Teknologi Modern ketiga adalah mempermudah akses ke berbagai layanan yang dibutuhkan. Dengan kehadiruan teknologi modern seperti aplikasi pesan antar makanan atau aplikasi transportasi online membantu kita untuk mengakses layanan yang kita butuhkan dengan mudah.

4. Menyediakan hiburan yang lebih variatif.

Manfaat Teknologi Modern yang sering kita rasakan adalah dengan adanya berbagai media hibutan yang lebih variatif. Kehadiran teknologi modern seperti streaming video atau game online membantu kita untuk mencari hiburan yang lebih variatif.

Contoh Teknologi Modern.

Contoh Teknologi Modern
Contoh Teknologi (Modern)

Berikut ini beberapa contoh teknologi modern :

1. Internet.

Contoh Teknologi Modern Internet merupakan jaringan komputer global yang terdiri dari jutaan komputer yang terhubung satu sama lain dan dapat saling bertukar informasi. Internet pertama kali dikembangkan pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk keperluan militer, tetapi kemudian tersedia untuk umum pada tahun 1990-an.

Internet memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain dan mendapatkan informasi dengan cepat. Kita dapat mengakses Contoh Teknologi Modern internet menggunakan perangkat seperti komputer, laptop, smartphone, dan tablet yang terhubung ke jaringan internet. Kita juga dapat mengakses internet menggunakan modem atau router yang terhubung ke jaringan telepon atau jaringan nirkabel.

Baca Juga :  Teknologi Informasi Komunikasi Terbaru 2024 : Menghubungkan Dunia Digital

Internet adalah jaringan komputer global yang memungkinkan kita untuk terhubung dengan orang lain dan mendapatkan informasi dengan cepat.

2. Smartphone.

Teknologi Modern Smartphone adalah telepon genggam yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti kamera, GPS, dan akses internet. Smartphone pertama kali muncul pada tahun 1992 dengan nama IBM Simon, tetapi kemudian menjadi populer pada akhir tahun 2000-an dengan munculnya iPhone dari Apple.

Smartphone memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain dengan menggunakan aplikasi pesan seperti WhatsApp atau Telegram, atau dengan menelpon atau mengirim pesan teks. Smartphone juga memungkinkan kita untuk mengakses internet, menonton video, mendengarkan musik, dan bermain game.

Smartphone juga dilengkapi dengan kamera yang dapat digunakan untuk mengambil gambar atau merekam video, serta GPS yang dapat memberikan informasi tentang lokasi kita. Smartphone juga dilengkapi dengan beragam aplikasi yang dapat membantu kita dalam kegiatan sehari-hari, seperti aplikasi pesan antar makanan, aplikasi transportasi online, dan aplikasi pembayaran.

3. Aplikasi pesan antar makanan.

Aplikasi pesan antar makanan adalah aplikasi yang memungkinkan kita untuk memesan makanan dari restoran atau toko makanan dengan mudah dan mengirimkannya ke rumah atau tempat lain sesuai dengan permintaan kita.

Baca Juga :  9 Manfaat TIK Dalam Bidang kesehatan Beserta Contoh nya

4. Aplikasi transportasi online

Contoh Teknologi Modern keempat adalah aplikasi transportasi online. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkinkan kita untuk memesan taksi atau mobil dengan mudah dan mengirimkannya ke lokasi yang kita inginkan.

5. Panel surya.

Contoh Teknologi Modern juga kita dapati pada Panel Surya. Panel surya atau solar panel adalah perangkat yang mengubah sinar matahari menjadi listrik. Panel surya terdiri dari sejumlah sel surya atau solar cell yang terbuat dari material seperti silikon, yang dapat mengubah cahaya matahari menjadi listrik dengan menggunakan prinsip fotovoltaik.

Panel surya biasanya dipasang di atap rumah atau gedung, atau di lokasi yang terpapar sinar matahari secara langsung. Listrik yang dihasilkan oleh panel surya dapat digunakan langsung atau disimpan dalam baterai untuk digunakan di waktu yang akan datang.

Panel surya merupakan sumber energi yang ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan emisi gas rumah kaca atau polusi udara lainnya. Selain itu, panel surya juga merupakan sumber energi yang tidak tergantung pada bahan bakar fosil atau sumber daya lain yang terbatas.

Baca Juga :  Menarik Ini 5 Manfaat Internet Of Things Diberbagai Bidang yang Perlu Kamu Ketahui

Namun, panel surya memiliki beberapa kelemahan, seperti tidak dapat menghasilkan listrik saat malam hari atau saat hujan, dan biaya pemasangan yang cukup tinggi.

6. Mobil listrik.

Contoh Teknologi Modern yang hari ini sedang hitz adalah Mobil Listrik. Mobil listrik merupakan mobil yang menggunakan baterai sebagai sumber daya utamanya, sehingga lebih ramah lingkungan.

7. Game online.

Game online menjadi Contoh Teknologi Modern yang sedang fenomenal saat sekarang ini. Game online adalah game yang dapat dimainkan secara online bersama dengan orang lain dari seluruh dunia.

8. Wireless Display.

Wireless Display atau Miracast adalah alat yang memungkinkan kita untuk mengirim sinyal video dan audio dari perangkat seperti smartphone, tablet, atau komputer ke layar televisi atau monitor tanpa menggunakan kabel.

Wireless Display menggunakan Teknologi nirkabel seperti WiFi atau Bluetooth untuk mentransmisikan sinyal.

Wireless Display bisa digunakan untuk menonton video atau menampilkan foto dari perangkat kita di layar televisi atau monitor, atau bahkan untuk menggunakan smartphone atau tablet sebagai remote control untuk mengontrol televisi atau perangkat lain yang terhubung ke layar tersebut.

Baca Juga :  10+ Contoh Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Untuk menggunakan Wireless Display, perangkat yang akan dikirim sinyalnya harus mendukung teknologi modern Wireless Display, serta harus terhubung ke jaringan WiFi yang sama dengan perangkat yang akan menerima sinyal.

9. Teknologi 3D.

Teknologi 3D atau teknologi stereoskopik merupakan teknologi yang memungkinkan kita untuk menampilkan gambar atau video dengan efek tiga dimensi (3D), seolah-olah gambar tersebut nyata dan ada di depan kita.

Teknologi 3D dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti film, video game, desain grafis, dan lainnya. Teknologi 3D biasanya menggunakan perangkat seperti kacamata 3D atau monitor 3D yang memiliki dua lapisan layar yang terpisah, masing-masing untuk mata kiri dan mata kanan.

Saat kita menggunakan kacamata 3D atau melihat gambar di monitor 3D, maka mata kiri dan mata kanan akan menerima gambar yang sedikit berbeda, sehingga otak kita akan menangkap kedalaman gambar tersebut.

Teknologi 3D memiliki beberapa kelebihan, seperti memberikan pengalaman yang lebih imersif dan menyenangkan saat menonton film atau bermain video game, serta membantu dalam proses desain yang membutuhkan visualisasi tiga dimensi.

Baca Juga :  10 Contoh Teknologi Komunikasi Modern Paling Sering Digunakan

Contoh Teknologi Modern diberbagai Bidang.

Contoh Teknologi Modern diberbagai Bdiang
Contoh Teknologi (Modern) diberbagai Bdiang

Kita juga bisa menemukan berbagai contoh teknologi modern diberbagai bidang, diantaranya :

1. Bidang Komunikasi.

Teknologi juga memberikan manfaat pada bidang komunikasi, atau yang biasa disebut dengan Teknologi Komunikasi dan Informasi.

  • Smartphone
  • Internet
  • Jaringan Nirkabel
  • Teknologi 5G

2. Bidang Informasi.

  • Sistem Informasi Manajemen (SIM)
  • Big Data
  • Artificial Intelligence (AI)

3. Bidang Transportasi.

  • Mobil Listrik
  • Drone
  • Pesawat Terbang Tanpa Awak
  • Hyperloop

4. Bidang Industri.

  • Robot Industri
  • Teknologi 3D printing
  • Teknologi Bioteknologi

5. Bidang Energi.

  • Panel Surya
  • Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Kesimpulan :

Itu tadi ulasan yang diberikan oleh NeoTeknologi.com mengenai Contoh Teknologi Modern, Pengertian dan Manfaatnya yang bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan perkembangan Teknologi Modern seperti sekarang ini semakin terasa manfaatnya untuk dapat membantu berbagai kegiatan yang kita lakukan dalam berbagai bidang.


Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *