Menarik Ini 5 Manfaat Internet Of Things Diberbagai Bidang yang Perlu Kamu Ketahui

Internet Of Things
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Teknologi berkembang begitu cepat dan pesat, khususnya di Indonesia seperti saat ini dan di dunia umumnya. Perkembangan teknologi di Indonesia semakin hari terus berkembang. Banyak terobosan-terobosan baru yang dimunculkan dampak dari perkembangan teknologi itu sendiri. Salah satu perkembangan teknologi yang sangat dapat dirasakan adalah adanya “IOT”.

Sebenarnya contoh IOT sudah sangat sering kita lihat bahkan kita juga sudah sering merasakan rasakan manfaat IOT itu sendiri. Manfaat internet of things bisa kita rasakan dari hasil penerapan internet of things yang ada disekitar kita.

Baca Juga :  Tren Teknologi Smart Factory 2024 : Masa Depan Manufaktur yang Cerdas dan Efisien

Mengenal Internet Of Things (IOT) :

Internet Of Things atau yang biasa disingkat dengan IOT adalah sebuah konsep dimana suatu objek atau benda ditanamkan teknologi seperti software ataupun sensor dengan tujuan untuk saling terkomunikasi, menghubungkan, bertukar data, dan mengendalikan dari satu perangkat ke perangkat lainnya selama masih terhubung dengan internet. Ada banyak contoh IOT yang bisa kita dapati disekeliling kita.

Penerapan Internet Of Things (IOT) :

Penerapan IOT ini diharapkan dapat membantu kerja manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan, tugas, dan juga project yang ada.

Penerapan IOT, singkatnya adalah terintegrasinya benda-benda yang ada disekeliling kita dengan internet. Kamu bisa perhatikan, contoh internet of things mulai dari TV sampai CCTV yang bisa saling terintegrasi dengan adanya jaringan internet.

Perlu kita sadari bahwa hari ini kita sudah memasuki era yang disebut dengan IOT. Banyak contoh IOT dalam kehidupan sehari hari yang bisa kita temui.

Manfaat Internet Of Things (IOT) diberbagai Bidang :

Penerapan IOT sudah merambah ke berbagai bidang dalam kehidupan kita. Sehingga manfaat internet of things sangat bisa kita rasakan. Contoh IOT juga sering kita temukan disekitar tempat tinggal atau mungkin ditempat kita bekerja. Berikut kami sampaikan 5 Contoh Penerapan IOT diberbagai bidang dan juga penerapan IOT untuk kita ketahui bersama.

Baca Juga :  8 Contoh dan Manfaat Teknologi dibidang Pendidikan

1. Contoh Penerapan IOT Pada Bidang Pertanian (Agriculture).

Bidang Pertanian (Agriculture)

Penerapan IOT dalam bidang pertanian atau agricultuere dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Petani dapat mengetahui berbagai data penting terkait dengan pertanian dengan sensor yang ditanamkan pada objek yang ingin didapatkan datanya.

Data-data yang dikumpulkan bisa berupa suhu, curah hujan, kelembapan, kadar air dalam tanah, pemantauan hama, dan data penting lainnya yang berkaitan dengan pertanian. Data-data yang dikumpulkan bisa digunakan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas, meminimalkan risiko, dan juga mengurangi usaha yang diperlukan untuk mengolah pertanian.

Penerapan internet of things dibidang pertanian juga pasti akan sangat berguna untuk pengembangan pertanian yang ada. Sehingga manfaat internet of things ini sangat bisa dirasakan oleh para petani. Ini juga bagian dari contoh iot dalam kehidupan sehari hari.

2. Contoh Penerapan IOT Pada Bidang Medis Dan Kesehatan.

Bidang Medis Dan Kesehatan

Contoh internet of things dalam kehidupan sehari hari juga bisa kita dapati dalam dunia medis dan kesehatan juga digunakan untuk mengumpulkan data-data perting terkait objek yang sedang diteliti. Internet of things sudah mulai terus dikembangkan oleh para ahlinya dibidang medis dan kesehatan.

Baca Juga :  10 Tren Teknologi Masa Kini : Membawa Inovasi ke Hidup Kita

Dalam perencaan pemanfaatan internet of things didalam bidang medis dan kesehatan adalah data seluruh hasil pemeriksaan medis akan dapat langsung diterima oleh tenaga medis lainnya ataupun rumah sakit terkait.

Moskow adalah salah satu negara yang terus melakukan penerapan Internet of things dibidang medis dan kesehatan. Contoh penerapan internet of things di negara Moskow bisa kita lihat dibeberapa rumah sakit yang ada di Moskow sudah menggunakan robot perawat yang dapat membantu tugas para tenaga medis dimasa pandemic.

3. Contoh Penerapan IOT Pada Bidang Lingkungan.

Bidang Lingkungan

Pemanfaatan internet of things dibidang lingkungan ini biasanya menggunakan aplikasi dan perangkat internet of things yang menggunakan sensor. Saat ini banyak hal yang bisa kita dapati sebagai contoh pemanfaatan internet of things dibidang lingkungan.

Contoh internet of things yang sering kita temukan adalah alat yang digunakan untuk mengetahui kualitas udara, alat yang digunakan untuk pengecekan kondisi air, dan bahkan internet of things ini bisa dimanfaatkan untuk sistem peringatan bencana.

Baca Juga :  Mengungkap 5 Tren Teknologi Paling Disrupsi yang Harus Anda Ketahui

4. Contoh Penerapan IOT Pada Bidang Keamanan Rumah (SmartHome).

Bidang Keamanan Rumah (SmartHome)

Perangkat IOT bukan hanya digunakan dalam bidang usaha saja, tetapi bisa juga digunakan dibidang keamanan rumah atau sektor rumah. Kalua kamu pernah melihat atau memiliki rumah yang ada sistem otomatis, maka itu contoh dari pemanfaatan IOT pada bidang keamanan rumah.

Contoh IOT yang bisa kamu perhatikan adalah, adanya lampu didalam rumah yang bisa menyala otomatis ketika malam hari. Kunci pintu yang dapat terbuka dengan sidik jari ataupun menggunakan smartphone.

5. Contoh Penerapan IOT Pada Bidang Transportasi.

Bidang Transportasi

IOT dapat membantu manusia dalam mengintegrasikan, mengontrol, dan memproses informasi yang ada pada sistem transportasi yang digunakan oleh manusia.

Salah satu manfaat IOT pada transportasi adalah mobil yang dapat memarkirkan sendiri dan mobil yang dapat berjalan sendiri atau disebut autopilot. Itu sebagian kecil contoh IOT dibidang transportasi.

Contoh penerapan IOT dibidang transportasi memang masih jarang kita jumpai khususnya di Indonesia. Di Indonesia, manfaat internet of thing dapat dirasakan masih dibeberapa kota yang besar saja. Untuk itu contoh penerapan internet of things dibeberapa kota diharapkan untuk bisa dilaksanakan juga di berbagai daerah lainnya. Sehingga manfaat IOT akan bisa dirasakan oleh banyak kalangan.

Baca Juga :  10 Teknologi Masa Depan yang Akan Mengubah Dunia

Kesimpulan :

Penerapan IOT akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia diberbagai sektor yang ada. Sadar ataupun tidak, hari ini kita sering merasakan manfaat IOT itu sendiri. Contoh penerapan IOT yang ada saat ini akan terus berkembang dan menjadi semakin canggih lagi dimasa yang akan datang dan dapat lebih membantu manusia dalam berbagai bidang.


Bagikan Artikel :
Internet Of Things
Previous Post

No more post

Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *