10 Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Paling Mudah

Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Paling Mudah
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Berikut kami berikan ulasan tentang cara pasang set top box TV tabung paling mudah.

Set Top Box (STB) TV Digital :

Set top box merupakan suatu alat yang biasa disebut receiver ataupun converter yang dapat berguna untuk mengkonversi suatu sinyal digital menjadi gambar dan suara (atau disebut video) yang dapat ditampilkan pada layar TV analog (TV Tabung).

Seperti yang kita ketahui, bahwa pemerintah telah menyuntik mati siaran Televisi analog atau analog switch off (ASO) pada hari Rabu, 2 November 2022 yang lalu.

Dikutip dari kominfo.go.id, hal itu mengacu pada Undang-Undang Cipta Kerja Nomor 11 Tahun 2020, yang disebutkan bahwa Indonesia harus menghentikan siaran TV analog paling lambat dua tahu dengan mengganti siaran TV secara digital.

Baca Juga :  10+ Cara Pasang Set Top Box Tv, Dapatkan Siaran Jernih Secara Gratis!

Kebijakan itu membuat masyarakat yang masih menggunakan TV tabung haru membeli set top box (STB) untuk dapat mengkonversi sinyal TV analog ke TV digital.

TV Tabung Apakah Bisa Menggunakan STB ? :

Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Paling Mudah

Bagi masyarakat yang masih menggunakan Televisi model tabung juga dapat memasang set top box (STB) untuk tetap bisa menyaksikan siaran TV secara digital.

Kisaran Harga Set Top Box :

STB ini sendiri dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 400.00-an. Hari ini STB sudah banyak tersedia dipasaran, dan dapat kamu beli secara online maupun offline.

Cara Pasang Set Top Box TV Tabung :

Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Paling Mudah

Selanjutnya bagaimana cara memasang set top box (STB)? Berikut kami berikan ulasan cara pasang set top box tv tabung paling mudah :

  • Siapkan perngkat STB
  • Pastikan TV tabung telah power off atau mati
  • Cabut kabel antena yang ada pada TV tabung, kemudian sambungkan ke port ‘ANT-IN’ pada perangkat STB
  • Sambungkan kabel HDMI/AVI dari STB ke Televisi tabung
  • Pastikan perangkat STB terhubung dengan daya
  • Nyalakan perangkat STB dan Televisi tabung
  • Pilih menu pengaturan pada Televisi tabung, kemudian pilih mode tampilan HDMI/AV
  • Setelah menu dari perangkat STB muncul, kemudian pilih opsi pencarian saluran
  • Setelah itu pilih simpan,
  • Selesai.
Baca Juga :  10 Kelebihan Set Top Box dan Fitur Gratis

Sekarang kamu sudah bisa menikmati siaran tv digital dengan menggunakan Televisi tabung yang kamu miliki. Kamu bisa menyaksikan berbagai siaran digital yang telah tersedia.

Apa Bedanya Android TV Box dengan STB ?

Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Paling Mudah

Android TV Box merupakan perangkat yang dapat digunakan untuk mengubah televisi biasa menjadi televisi pintar (Smart TV), sedangkan Set Top Box merupakan perangkat yang biasa digunakan untuk mendapatkan sinyal digital pada TV analog.

Penutup :

Cara memasang set top box baik pada TV tabung maupun TV berjenis LED/LCD bisa dapat dilakukan dengan mudah. Kamu hanya perlu memastikan kelengkapan perangkat STB yang kamu beli tidak ada yang kurang dan juga sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Program perubahan/perpindahan siaran analog ke digital ini sendiri akan meningkatkan kualitas dan kenyamanan masyarakan dalam menonton acara di TV. Jadi, sebaiknya kamu segera melakukan perubahan ini, untuk tetap dapat menyaksikan siaran kesukaan kamu!

Simak ulasan bermanfaat lainnya di NeoTeknologi.com


Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *