5 Cara Pasang STB TV Digital Dengan Mudah

Cara Pasang STB TV Digital
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Dalam artikel ini kita akan coba untuk membahas cara pasang STB TV Digital dengan mudah.

Seperti yang telah diketahui bahwa Set Top Box (STB) telah menjadi perangkat penting untuk dapat menonton chanel/siaran TV secara digital. Dengan menggunakan alat yang bernama Set Top Box (STB), kamu dapat dengan mudah menonton siaran Televisi digital yang kualitasnya lebih baik daripada TV analog biasa.

Set Top Box TV Digital :

Cara Pasang STB TV Digital Dengan Mudah

STB atau kotak konverter televisi merupakan perangkat penyetelan elektronik yang dapat mentranspos dan mengubah saluran dari saluran analog menjadi saluran tv digital.

Kamu bisa memanfaatkan STB (Set Top Box) untuk tetap bisa menonton siaran TV digital tanpa harus mengganti TV atau antena yang kamu miliki. Bagi kamu yang memiliki TV analog biasa pun juga bisa menggunakan Set Top Box (STB) agar tetap bisa menonton siaran TV secara digital.

Baca Juga :  3 Cara Mendapatkan Bantuan Set Top Box Gratis

Cara Pasang STB TV Digital Dengan Mudah :

Cara Pasang STB TV Digital Dengan Mudah

Saat ini STB udah banyak tersedia di pasaran dan dapat kamu beli secara online maupun offline.

Simak penjelasan sampai akhir artikel untuk mengetahui cara pasang STB yang benar. Pastikan kamu sudah memasang STB dengan benar agar tidak mengalami gangguan ketika menonton siaran TV secara digital.

Jika kamu sudah memiliki perangkat STB, selanjutnya kamu bisa membaca manual book (buku panduan) untuk memasangkan perangkat STB sesuai dengan merek yang sudah kamu beli.

Kamu juga bisa mengikuti tahapan berikut untuk melakukan pemasangan perangkat STB ke TV analog yang Anda miliki:

1. Hal yang perlu diperhatikan :

Ada hal yang perlu kamu perhatikan pada panel dan port yang ada pada bagian belakang STB, dan jangan lupa juga untuk memperhatikan panel pada belakang TV yang kamu miliki.

2. Memasang Kabel Penghubung :

Kemudian lakukan pemasangan kabel penghubung dari perangkat STB ke perangkat TV. Hubungkan kabel sesuai dengan port warna pada masing-masing perangkat. Hubungkan juga kabel AV/Audio Video (HDMI) dari STB ke TV untuk menangkap saluran gambar/ video dari siaran digital.

Baca Juga :  6 Solusi Set Top Box Tidak Ada Sinyal, Ini Caranya

3. Tekan Tombol ON Pada STB dan Televisi :

Jika semuda sudah terhubung, selanjutnya tekan tombol ON pada STB dan Televisi atau kamu juga bisa menggunakan remot yang telah disediakan bersamaan dengan perangkat STB.

4. Mencari Saluran :

Selanjutnya kamu bisa memilih menu “CARI SALURAN OTOMATIS”, dan silahkan tunggu hingga penyesuaian selesai. Nantinya hasil dari pencarian otomatis yang telah dilakukan oleh STB di Televisi kamu akan muncul di layar.

5. Selesai :

Sekarang kamu bisa menikmati berbagai saluran tv digital yang ada melalui siaran digital pada Set Top Box yang kamu pasang.

Setiap set top box memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, kamu dapat melihat fitur apa saja yang dimiliki oleh STB yang kamu miliki dibagian box/ kotak, ataupun pada buku panduan (manual book) yang ada dalam paket STB tersebut. Pada beberapa Set Top Box juga memiliki fitur dukungan untuk dapat menggunakan jaringan menggunakan Dongle Wifi yang dapat dibeli secara terpisah.

Kamu bisa melihat apakah Set Top Box yang kamu miliki mendukung perangkat tersebut atau tidak. Jika mendukung kamu bisa menggunakannya untuk dapat terkoneksi dengan jaringan internet yang tersedia.

Baca Juga :  10 Cara Pasang Set Top Box TV Tabung Paling Mudah

Set Top Box Rekomendasi Kominfo :

Cara Pasang STB TV Digital Dengan Mudah

Seiring dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika tentang peralihan dari siaran analog menjadi siaran digital yang ditandai dengan kegiatan Switch Off pada akhir tahun 2022 lalu. Berikut ada beberapa rekomendasi STB yang disarankan dan direkomendasikan oleh Kominfo untuk bisa digunakan untuk menyaksikan TV digital :

  1. Akari ADS-168
  2. Akari ADS-210
  3. Akari ADS-2230
  4. Evercross STB1
  5. Evinix H1
  6. Ichiko 8000HD
  7. Matrix (Apple)
  8. Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD)
  9. Nextron TR 1000
  10. Nextron NT2000-D
  11. Polytron PDV 600T2
  12. Tanaka T2
  13. Venus Brio

Penutup :

Nah itu tadi cara pasang STB TV digital dengan mudah yang benar agar kamu tetap bisa menonton siaran TV digital dengan nyaman.

Kamu tidak perlu khawatir, pada dasarnya setiap STB yang kita beli sudah memiliki panduan tersendiri, sehingga dapat memudahkan kita untuk bisa memasang dan juga mensetting penggunaan STB tersebut.

Jangan lupa untuk mengunjungi laman NeoTeknologi.com untuk mendapatkan informasi terbaik lainnya. Terimakasih


Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *