13 Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi

Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Ada beberapa Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi yang perlu kita ketahui. Selain dari Pengantar Teknologi Informasi, kita juga perlu mengetahui hal ini. Berikut kami berikan ulasan terkait hal tersebut.

Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Teknologi komunikasi dan teknologi informasi memiliki hubungan yang erat dan saling terkait. Teknologi komunikasi merupakan salah satu jenis teknologi yang digunakan untuk mentransfer informasi antar individu atau kelompok, sedangkan teknologi informasi digunakan untuk menyimpan, mengolah, dan menyajikan data dan informasi dalam bentuk yang lebih terstruktur dan mudah dipahami.

Baca Juga :  7 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi

Selain itu, teknologi komunikasi dan teknologi informasi juga saling terkait dalam proses pembuatan dan pertukaran pengetahuan, seperti forum online, blog, wikipedia, dan social media.

Teknologi komunikasi dan teknologi informasi juga membantu dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi yang akurat dan terkini, seperti sistem informasi geografis (GIS), sistem informasi pasar, dan sistem informasi perencanaan strategis.

Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi.

Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi
Teknologi Komunikasi & Teknologi Informasi

Kedua teknologi ini juga memudahkan terjadinya koordinasi dan kolaborasi antar individu atau kelompok, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui penggunaan project management software atau virtual team.

Teknologi komunikasi dan teknologi informasi juga membantu dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM), keuangan, produksi, dan pelayanan dengan menyediakan sistem informasi yang terintegrasi.

Manfaat Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Manfaat Hubungan Teknologi Komunikasi dan Informasi
Manfaat Hubungan Teknologi Komunikasi & Informasi

Teknologi komunikasi dan teknologi informasi merupakan dua teknologi yang saling terkait dan memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut ini adalah 13 hubungan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi beserta contohnya:

1. Proses Pertukran Informasi.

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi, sehingga teknologi komunikasi dan teknologi informasi saling berkaitan dalam proses pertukaran informasi. Contohnya adalah email, yang merupakan salah satu jenis teknologi komunikasi yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari satu orang ke orang lain.

Baca Juga :  Terbaru 11 Alasan Memilih Jurusan IT di Era Digitalisasi

2. Mengakses dan Menyimpan Informasi.

Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk mengakses dan menyimpan informasi dengan mudah. Contohnya adalah internet, yang merupakan salah satu jenis teknologi komunikasi yang memungkinkan kita untuk mengakses dan menyimpan informasi dengan mudah melalui perangkat seperti komputer, smartphone, dan tablet.

3. Mengelola dan Mengalisa Informasi.

Teknologi informasi membantu kita dalam mengelola dan menganalisis informasi yang tersimpan dalam sistem informasi. Contohnya adalah software pengolah kata seperti Microsoft Word, yang membantu kita dalam mengelola dan menganalisis informasi yang tersimpan dalam dokumen.

4. Membantu Berkomunikasi.

Teknologi komunikasi memungkinkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya adalah telepon, yang merupakan salah satu jenis teknologi komunikasi yang memungkinkan kita untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain melalui suara.

5. Mengolah dan Menyimpan Data.

Teknologi informasi membantu kita dalam mengolah dan menyimpan data yang dibutuhkan dalam suatu proses bisnis. Contohnya adalah software akuntansi seperti QuickBooks, yang membantu kita dalam mengolah dan menyimpan data keuangan perusahaan.

Baca Juga :  7 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi

6. Berbagi Informasi.

Teknologi komunikasi membantu kita dalam mengirimkan informasi ke orang lain dengan cepat dan tepat waktu. Contohnya adalah pager, yang merupakan salah satu jenis teknologi komunikasi yang membantu kita dalam mengirimkan informasi ke orang lain dengan cepat dan tepat waktu.

7. Pembuatan dan Pertukaran Pengetahuan.

Teknologi komunikasi dan informasi juga membantu dalam proses pembuatan dan pertukaran pengetahuan. Contohnya: forum online, blog, wikipedia, social media.

8. Mengambil Keputusan.

Teknologi komunikasi dan informasi juga membantu dalam pengambilan keputusan dengan menyediakan informasi yang akurat dan terkini. Contohnya: sistem informasi geografis (GIS), sistem informasi pasar, sistem informasi perencanaan strategis.

9. Memudahkan Koordinasi.

Teknologi komunikasi dan informasi memudahkan terjadinya koordinasi dan kolaborasi antar individu atau kelompok, baik secara langsung maupun tidak langsung. Contohnya: project management software, virtual team.

10. Pengelolaan Sumber Daya Manusia.

Teknologi komunikasi dan informasi membantu dalam pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dengan menyediakan sistem informasi HRD (Human Resource Development) yang terintegrasi.

Baca Juga :  Terbaru 11 Alasan Memilih Jurusan IT di Era Digitalisasi

11. Mengelola Keuangan.

Teknologi komunikasi dan informasi membantu dalam pengelolaan keuangan dengan menyediakan sistem informasi keuangan yang terintegrasi.

12. Mengelola Produksi.

Teknologi komunikasi dan informasi membantu dalam pengelolaan produksi dengan menyediakan sistem informasi produksi yang terintegrasi.

13. Mengelola Pelayanan.

Teknologi komunikasi dan informasi membantu dalam pengelolaan pelayanan dengan menyediakan sistem informasi pelayanan yang terintegrasi. Contohnya: sistem informasi layanan kesehatan, sistem informasi layanan perpustakaan.

Contoh Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan Informasi.

Contoh hubungan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Contoh Hubungan Teknologi Komunikasi & Informasi

Berikut ini beberapa contoh hubungan antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi:

1. Email.

Email adalah salah satu jenis teknologi komunikasi yang memanfaatkan jaringan internet untuk mengirim dan menerima informasi. Namun, untuk menyimpan dan mengelola email tersebut diperlukan sistem teknologi informasi seperti email client atau webmail.

2. Sosial Media.

Sosial media salah satu contoh Hubungan dan Penerapan Teknologi dalam Media Hiburan. Sosial media merupakan platform teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan berkolaborasi dengan orang lain. Namun, untuk mengelola dan menyimpan data pengguna serta interaksi yang terjadi di social media, diperlukan sistem teknologi informasi yang terintegrasi.

Baca Juga :  7 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi

3. Forum Online.

Forum online adalah platform teknologi komunikasi yang memungkinkan pengguna untuk bertukar informasi dan pengetahuan dengan orang lain. Namun, untuk mengelola dan menyimpan data pengguna serta diskusi yang terjadi di forum, diperlukan sistem teknologi informasi yang terintegrasi.

4. Sistem Informasi.

Sistem informasi geografis (GIS) merupakan sistem teknologi informasi yang memanfaatkan data geografis dan spatial untuk membantu dalam pengambilan keputusan. Namun, untuk mengakses dan memanfaatkan sistem GIS ini diperlukan teknologi komunikasi seperti jaringan internet.

5. Virtual Team.

Teknologi Komunikasi dan Informasi
Virtual Team

Virtual team adalah kelompok yang terdiri dari anggota yang tersebar di berbagai lokasi dan berkolaborasi melalui teknologi komunikasi seperti email, chat, atau video conference seperti Aplikasi Zoom. Namun, untuk mengelola dan menyimpan dokumen serta informasi yang dibutuhkan dalam proses kerja kelompok ini, diperlukan sistem teknologi informasi yang terintegrasi.

Kesimpulan.

Itu tadi pembahasan mengenai 13 Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan Informasi Beserta Contohnya. Sekarang kita jadi tau Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan Informasi begitu saling memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya.

Baca Juga :  Terbaru 11 Alasan Memilih Jurusan IT di Era Digitalisasi

Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *