Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi, Manfaat, & Contohnya

Teknologi Informasi dan Komunikasi
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Teknologi informasi dan komunikasi. Teknologi adalah sebuah sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia di dunia ini. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh manusia dimulai dengan pemanfaatan dan pengubahan sumber daya alam yang ada menjadi alat-alat sederhana yang dapat digunakan oleh manusia untuk melakukan aktifitas yang bisa mendukung keberlangsungan hidup manusia itu sendiri.

Daftar isi :

Teknologi komunikasi dan informasi yang ada telah mempengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Berbagai macam penerapan suatu teknologi yang telah mempengaruhi suatu nilai pada suatu kelompok masyarakat.

Kata “Teknologi” juga digunakan untuk menunjukkan kumpulan teknik-teknik atau cara-cara yang digunakan oleh manusia. Dalam konteks ini yang dimaksud adalah keadaan pengetahuan manusia saat ini tentang bagaimana cara untuk memadukan sumber-sumber yang ada, guna untuk bisa menghasilkan produk-produk yang inginkan, menyelesaikan masalah yang ada, memenuhi kebutuhan hidup manusia, atau memuaskan keinginan manusia itu sendiri.

Teknologi bisa dikatakan sebagai kegiatan yang bisa membentuk atau mengubah kebudayaan. Selain daripada itu, teknologi merupakan terapan matematika, sains, seni dan berbagai keilmuan yang ada untuk manfaat kehidupan seperti yang dikenal saat ini. Sebagai contoh kecilnya adalah bangkitnya teknologi komunikasi dan informasi seperti sekarang ini.

Mengenal Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dalam aktivitas sehari-hari, manusia membutuhkan manfaat daripada teknologi informasi dan komunikasi yang terus mengalami perubahan dan perkembangan yang begitu pesat. Manusia memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk bisa membantu menyelesaikan berbagai persoalan atapun pekerjaan yang ada. Hingga saat ini, manusia terus merasakan dampak dan manfaat dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yang ada disekitarnya.

Teknologi informasi dan komunikasi juga dimanfaatkan manusia untuk bisa meningkatkan kreativitas dalam berbagai hal. Bukan hanya itu, bahkan juga digunakan manusia untuk bisa mengembangkan kepribadian sampai dalam hal bisnis. Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) :

Teknologi informasi komunikasi atau biasa juga disebut dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang disingkat dengan TIK adalah semua teknologi yang berhubungan dengan penanganan informasi.

Baca Juga :  7 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Jika kamu ditanya oleh guru atau mungkin dosen kamu atau siapapun yang memberikan pertanyaan kepadamu, kurang lebih lebih pertanyaannya seperti ini : Jelaskan pengertian teknologi informasi dan komunikasi, atau mungkin pertanyaan seperti ini juga : jelaskan yang dimaksud teknologi informasi dan komunikasi.

Kamu bisa menjawabnya dengan jawaban berikut ini : Teknologi informasi dan komunikasi adalah pengambilan data, pengumpulan data, pengolahan data, penyimpanan data, penyebaran data, dan penyajian data dalam bentuk informasi.

Dalam bahasa Inggris, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) disebut dengan Information and Communication Technology (ICT).

Menurut Para Ahli, Teknologi Komunikasi dan Informasi Adalah :

Menurut Para Ahli - Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Mari Kita Cari Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Para Ahli. Berikut coba kami sajikan pengertian teknologi informasi dan komunikasi menurut para ahli yang bisa kamu pahami dan ketahui.

1. Pengertian Teknologi Menurut “Rogers (1994)”

Menurut Rogers yang dikutip dari buku yang dikeluarkan oleh “Seels dan Richey” pada tahun 1994 mengatakan bahwa “Teknologi” merupakan suatu rancangan dari langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diinginkan.

2. Pengertian Teknologi Menurut Capra (Tahun 2004).

Teknologi merupakan suatu pembahasan sistematis atas seni terapan ataupun pertukangan. Hal ini sendiri mengacu pada literatur dari Yunani yang kemudian menyinggung mengenai “Technologi” yang berasal dari kata “techne” dan bermakna wacana seni.

3. Pengertian Teknologi Menurut Manuel Castells (Tahun 2004).

“Teknologi” sebagai suatu kumpulan alat, aturan serta prosedur yang merupakan penerapan dari suatu pengetahuan ilmiah mengenai suatu pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang akan memungkinkan terjadinya pengulangan.

4. Pengertian Teknologi Menurut Toynbee (Tahun 2004).

“Teknologi” ialah adanya sebuah kemuliaan manusia, di mana hal ini kemudian akan bisa membuktikan bahwa manusia tidak dapat hidup hanya untuk makan semata, tapi juga membutuhkan lebih dari itu.

5. Pengertian Teknologi Menurut “Gary J Anglin”.

Menurut gary, Teknologi ialah penerapan ilmu-ilmu perilaku serta alam dan juga berbagai pengetahuan lain dengan yang secara bersistem dan mensistem yang bertujuan untuk memecahkan masalah manusia.

6. Pengertian Teknologi Menurut Merriam Webster.

Teknologi sebagai salah satu penerapan pengetahuan praktis khususnya pada suatu bidang tertentu. Cara untuk menyelesaikan tugas ini sendiri umumnya menggunakan proses teknis, metode, serta pengetahuan dan juga berbagai aspek khusus dari bidang usaha tertentu.

Baca Juga :  11 Dampak Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Media Hiburan

7. Pengertian Teknologi Menurut Jacques Ellil.

Pengertian “Teknologi” diantaranya adalah keseluruhan metode yang dengan secara rasional kemudian mengarah kepada ciri efisiensi dalam tiap-tiap aktivitas kegiatan manusia.

8. Pengertian Teknologi Menurut Miarso.

Teknologi merupakan bentuk proses yang kemudian meningkatkan value sebagai nilai tambah. Proses yang berjalan sendiri dapat menggunakan dan juga menghasilkan produk tertentu, di mana produk yang sudah ada tidak terpisah dari produk lain. Hal ini kemudian juga menyatakan bahwa “Teknologi” sebagai suatu bagian integral dari yang terkandung dalam suatu sistem yang telah ditentukan.

9. Pengertian Teknologi Menurut “Poerbahawadja Harahap”.

Poerbahawadja Harahap Harahap menjelaskan bahwa penggunaan kata “Teknologi” pada dasarnya mengacu pada sebuah ilmu pengetahuan yang menyelidiki mengenai cara kerja di dalam bidang teknik, serta mengacu kepada berbagai ilmu pengetahuan yang sering digunakan dalam pabrik ataupun industri tertentu.

10. Pengertian Teknologi Menurut “Naisbitt (2002)”.

Menurut Naisbit (2002) mengutip kepada pengertian “Teknologi” dari Random House Dictionary, yang mengatakan bahwa Teknologi sebagai suatu benda serta objek, dan bahan serta wujud yang berbeda jika dibandingkan dengan manusia biasa.

11. Pengertian Teknologi Menurut “Ursula Franklin (1989)”.

Seoarang ilmuwan lainnya, yaitu “Ursula Franklin” memberikan definisi atau pengertian dari teknologi yang dari sudut pandang yang lainnya. Franklin (1989) telah menyampaikan pendapatnya mengenai “Teknologi” sebagai suatu cara praktis yang menjelaskan mengenai cara kita semua sebagai manusia membuat segala sesuatu yang berada di sekitar kita menjadi lebih praktis.

Pendapat ini merujuk kepada penggunaan teknologi yang merupakan suatu benda yang dibuat oleh manusia, dan setiap orang bisa saja membuat teknologi dan juga mengembangkan teknologi itu sendiri apabila manusia mau mempelajarinya dengan baik dan dapat menerapkannya secara praktis.

12. Pengertian Teknologi Menurut “Djojohadikusumo (1994)”.

Djojohadikusumo (1994) mendefinisikan sebagai suatu bidang yang berkaitan erat dengan ilmu sains serta ilmu rekayasa (engineering). Bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya teknologi dapat juga diartikan memiliki dua dimensi yang berbeda, satu diantaranya dimensi engineering dan yang lainnya adalah dimensi science. Kedua dimensi ini kemudian akan saling terkait antara yang satu dengan yang lain selama masa perkembangan dan juga penciptaan sebuah teknologi, yang tidak bisa terpisahkan.

13. Pengertian Teknologi Menurut “Saliman dan Sudarsono (1993)”.

Tokoh lainnya yang memberikan definisi mengenai teknologi adalah “Saliman dan Sudarsono (1993)”. Saliman dan Sudarsono mengungkapkan bahwa Teknologi merupakan suaut ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai “Pembangunan dan juga Industry”.

Baca Juga :  Sejarah Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0 Wajib Diketahui

Pengertian Teknologi Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah :

Suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan praktis, dan merupakan salah satu ilmu pengetahuan terapan.

Teknologi Pertama di Dunia :

Ahli antropologi “Lewis H. Morgan” mengemukakan bahwa perkembangan teknologi adalah faktor utama dari berkembangnya peradaban pada manusia. Sehingga rekontruksi sejarah dan perkembangan teknologi manusia dapat dilakukan melalui lini masa dari adanya perkembangan peradaban manusia itu sendiri.

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Sejarah teknologi informasi dan komunikasi menunjukkan perkembangan peradaban manusia yang diiringi oleh perkembangan cara penyampaian suatu informasi dari seseorang kepada orang lain.

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Sejarah TIK - teknologi komunikasi dan informasi
Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi merupakan sejarah yang berkaitan dengan suatu alat dan teknologi maupun teknik hasil temuan manusia yang pada akhirnya bisa digunakan untuk memudahkan aktivitas kegiatan manusia itu sendiri.

Sejarah teknologi informasi dan komunikasi dimulai dari munculnya manusia di muka bumi ini, ada banyak jejak-jejak peralatan dan teknologi yang dimiliki manusia sejak awal peradabannya ditemukan. Kemudian direkontruksi melalui sejarah dan kemudian dianalisis kaitannya dengan perkembangan peradaban manusia yang ada sampai saat ini.

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terjadi pada manusia dimulai dari hal sederhana seperti pengembangan bahasa, pembuatan perkakas dari batu sampai yang sangat rumit seperti pembuatan komputer kuantum.

Sejarah Peradaban Manudia dan Perkembangan Teknologi :

Manusia tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi yang ada, Dalam istilah “Roger Filder” disebut merupakan suatu koeksistensi dan koevolusi. Hal ini diperjelas oleh “Hikmahanto Juwana” dengan pendapat bahwa kehidupan manusia tidak bisa dilepaskan dari kemajuan teknologi itu sendiri.

Ketergantungan manusia terhadap teknologi menempatkan teknologi menjadi kebutuhan primer dan bukan lagi kebutuhan sekunder, sehingga teknologi itu adalah keniscayaan yang tidaklah mungkin dapat ditolak kehadirannya dan perkembangannya seperti saat ini.

Adanya teknologi komunikasi dan informasi sebagai bagian yang tidak bisa terpisahkan dari manusia. Berangkat dari sejarah kehidupan manusia itu sendiri yang terus berusaha dan berupaya untuk bisa menciptakan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Baca Juga :  11 Dampak Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Media Hiburan

Teknologi yang diciptakan oleh manusia akan selalu mengalami perkembangan sesuai peradaban manusia itu sendiri. Sejarah peradaban manusia dimulai dengan kehi-dupan yang sangat sederhana.

Jelaskan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan TIK

Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Informasi terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang begitu cepat dan pesat seakan-akan tidak ada yang bisa membendungnya.

Fase Perkembangan Teknologi Komunias dan Informasi :

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi terjadi pada beberapa fase berikut ini :

1. Teknologi Pada Zaman Pra-Sejarah :

Zaman Pra-sejarah merupakan zaman dimana manusia hidup sebelum mengenal suatu tulisan. Mungkin kita sering mendengar tentang cerita tentang penemuan api oleh manusia zaman dahulu kala. Api juga termasuk penemuan teknologi informasi komunikasi pertama manusia pada zaman dahulu kala. Akan tetapi temuan pertama manusia bukanlah api, temuan manusia pertama adalah alat-alat yang terbuat dari batu.

Sesuai apa yang dikatakan “Mark Moore”, seorang arkeolog dari “University of New England Armidale Australia”, batu telah dimanfaatkan oleh manusia untuk bisa mempermudah kegiatan sehari-hari manusia itu sendiri sejak 3.2 (Tiga Koma dua) juta tahun yang lalu. Pada zaman pra-sejarah ini, manusia cenderung memanfaatkan teknologi yang mereka buat untuk kepentingan hidup mereka sendiri.

2. Teknologi Pada Zaman Kuno :

Zaman Kuno yang dimaksud disini merupakan zaman setelah prasejarah sebelum abad pertengahan. Zaman Kuno ini rentan waktunya yang cukup lama, termasuk pada zaman nabi-nabi, peradaban kuno, dan yang lain-lain. Sehingga banyak temuan-temuan pertama yang menjadi dasar untuk temuan selanjutnya ditemukan di zaman ini.

Peradaban manusia berkembang begitu cepat dan pesat. Contohnya adalah peradaban Mesir Kuno yang kita kenal dengan pyramidanya. Bahkan teknik awal bedah plastic sudah ditemukan dasarnya pada zaman Mesir Kuno. Manusia mulai unutk membuat suatu teknologi yang bermanfaat untuk keperluan masal, seperti bangungan dan kapal.

Pada zaman kuno manusia juga sudah mengenal suatu tulisan sebagai implementasi contoh teknologi komunikasi pada masa itu. Hal ini ditemukannya peninggalan sejarah yang terdapat tulisan-tulisan kuno yang pernah ditemukan pada zaman sekarang ini.

3. Teknologi Pada Abad Pertengahan :

Dikutip dari beberapa sumber, “Abad Pertengahan” adalah sekitar abad ke-5 masehi (5M) sampai abad ke-15 masehi (15M). Salah satu hal yang bisa kita lihat perkembangan teknologi pada masa ini adalah dari sisi seni. Pada masa abad pertengahan, banyak kesenian-kesenian baru yang muncul. Kalau dilihat dari sisi geografisnya, benua Eropa merupakan rajanya kesenian pada masa ini.

Baca Juga :  7 Manfaat Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efisiensi

Perkembangan “Teknologi” hampir semua dipelopori oleh orang-orang dari Eropa. Ilmu pengetahuan yang mulai berkembang begitu pesat, itu dibuktikan dengan ditemukannya rumus-rumus matematika dan teori-teori ilmu fisika yang ada. Pada zaman abad pertengan para penjelajah juga mulai melakukan penjelajahannya.

4. Teknologi Pada Era Revolusi Industri :

Manusia yang terus bertambah banyak menandakan permintaan akan kebutuhan hidup semakin banyak pula. Teknologi pada Era Revolusi Industri ini banyak ditemukan berupa mesin-mesin produksi yang memiliki kemampuan produksi secara masal. Perkembangan teknologi pada Era Revolusi Industri juga merubah perilaku sosial orang-orang yang ada.

Pada dasarnya tidak ada periode waktu tertentu untuk era revolusi industri ini. Revolusi industri pertama kali terjadi pada abad ke-17 sampai abad ke-18.

Revolusi industri ini ditandai dengan perubahan besar hampir di setiap sisi kehidupan manusianya, yang tentu saja tidak bisa lepas dari teknologi. Sampai ini kita sudah berada pada Revolusi Industri 4.0.

Perkembangan Teknologi Pada Abad 20 Hingga sekarang :

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi Abad 20
Perkembangan Teknologi Abad 20

Contoh yang ada disekitar kita yaitu mobil. Awal adanya mobil adalah untuk mempercepat manusia menempuh suatu perjalanan yang jauh. Logikanya adalah hal yang dibutuhkan untuk membuat sebuah mobil sesuai tujuan utamanya adalah bahan bakar, ban, dan mesin sebagai penggeraknya.

Tapi sekarang ini kita bisa lihat, mobil bukan hanya sebagai alat transportasi tapi juga bisa digunakan untuk simbol sosial. Dengan segala fitur canggih yang ada di dalamnya, mobil seakan-akan menjadi indikator status sosial seseorang yang memilikinya.

Satu lagi contoh teknologi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh manusia, tapi hanya untuk memanjakan manusia adalah sistem belanja online (onlineshop) atau yang sering disebut dengan e-Commerce.

Manusia tetap bisa berbelanja tanpa menggunakan koneksi internet, tapi dengan adanya sistem belanja online ini, maka seakan-akan manusia dimanjakan oleh teknologi yang ada.

Perkembangan Teknologi Pada Zaman Modern :

Dampak kemajuan teknologi pada saat sekarang ini bisa dirasakan oleh banyak orang. Berbagai informasi dan kejadian yang terjadi di berbagai belahan dunia saat telah dapat langsung kita ketahui berkat dengan cepat dan mudah dengan adanya teknologi itu sendiri.

Manusia mampu menciptakan teknologi karena memiliki kemampuan akal. Dengan kemampuan akalnya, manusia ingin keluar dari masalah yang sedang menimpa dirinya ataupunb manusia lain, ingin hidup lebih baik dari biasanya, lebih aman dari sebelumnya, dan sebagainya.

Baca Juga :  Terbaru 11 Alasan Memilih Jurusan IT di Era Digitalisasi

Perkembangan teknologi yang terjadi karena seseorang menggunakan akalnya untuk menyelesaikan setiap masalah yang sedang dihadapinya dan menciptakan suatu teknologi yang mampu dan bisa mengatasi itu semua.

Kemajuan teknologi modern adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari dalam kehidupan ini, mengingat kemajuan teknologi modern akan terus berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan diberbagai bidang, khususnya teknologi itu sendiri.

Contoh Teknologi Modern :

Sebagian kita mungkin sering menemui atau bahkan menggunakan komputer. Komputer merupakan simbol daripada teknologi Modern yang ada.

Selain komputer, ada banyak Contoh Teknologi Modern yang bisa kita temui dan manfaatkan disekitar kita. Perkembangan paling modern dari penemuan komputer adalah teknologi pendukung komputer itu sendiri.

Berikut beberapa contoh teknologi modern yang bisa saja kita temui disekitar kita.

  • Komputer Interaktif (Interactive Computer)
  • Sensor Biometrik (Biometric Sensor)
  • Jaringan 4G dan 5G (Network 4G & 5G)
  • Kecerdasan Buatan (Artificial intelligence / AI)
  • Internet If Things (IOT)
  • TV Kabel (Wireless Display)
  • Kabel Charger (Wireless Charging)
  • Papan Ketik Virtual (Virtual Keyboard)
  • Printer 3D (3D Print)
  • Mobil Elektrik / Mobil Listrik (Electric Car)
  • Operasi Plastik (Plastic Surgery)

Masih banyak lagi contoh teknologi modern yang bisa kita dapati disekitar kita.

Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan Informasi :

Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan Informasi
Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan Informasi

Hubungan Antara Teknologi Komunikasi dan informasi memiliki keterkaitan satu dan yang lainnya dengan yang sangat erat.

Di zaman yang berkembang sangat cepat seperti saat ini, penyebaran dan penerimaan informasi bisa saja terjadi akibat komunikasi yang terjalin melalui perangkat seperti Handphone (HP)/ Smartphone, Sosial Media, dan sebagainya. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih membuat perangkat komunikasi kian inovatif.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Teknologi informasi dan komunikasi saat ini berkembang dengan sangat maju. Hal itu dapat kita lihat dari berbagai peralatan teknologi komunikasi yang ada seperti sekarang ini. Bukan hanya canggih dan modern, peralatan teknologi komunikasi yang ada saat ini juga sangat memudahkan berbagai aktivitas kita semua.

Contoh Gambar Teknologi Informasi dan Komunikasi :

  • Surat
  • Telegraf
  • Radio
  • Televisi
  • Facsimile
  • Telepon Kabel
  • Smartphone
  • Komputer

Peranan dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) diciptakan untuk memberikan akses kemudahan dan memecahkan segala problematika kehidupan sehari-hari manusia. Pada saat ini, telah banyak inovasi yang terjadi, yang berawal dari masalah-masalah yang ditemukan oleh manusia, sehingga para ahli dibidang teknologi banyak yang telah berhasil memecahkan permasalahan tersebut.

Baca Juga :  Sejarah Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0 Wajib Diketahui

Peranan dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Didalam Berbagai Bidang :

Manfaat TIK Dalam Berbagai Bidang
Manfaat TIK Dalam Berbagai Bidang

Teknologi Informasi dan Komunikasi memiliki peranan dan keuntungan dalam penggunaannya. Teknologi informasi komunikasi juga memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut pernanan dan keuntungan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang sering kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari :

1. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Pendidikan.

Manfaat dan Peranan Teknologi Informasi Komunikasi sudah terbukti memudahkan berbagai pekerjaan dalam bidang pendidikan. Bahkan bisa menjadi solusi dalam kegiatan belajar mengajar jarak jauh (distance learning), pendidikan berbasis web (web-based education), dan pembelajaran secara online (e-learning) yang memungkinkan kita untuk bisa belajar ilmu apa saja dan bisa kapan saja serta bida dilakukan di mana saja.

2. Manfaat dan Peranan TIK Dalam Bidang Pertanian.

Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat membantu petani memerangi dan menciptakan kesadaran tentang hama dan penyakit yang ada pada pertanian. Hal ini jika dikelola dengan baik akan meningkatkan produksi pertanian serta bisa meningkatkan pendapatan petani, dan selanjutnya mengurangi kemiskinan di kalangan para petani pedesaan “(Leary dan Berge, 2006)”

3. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Kesehatan.

Peranan dan Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Bidang Kesehatan bisa mendukung layanan kesehatan agar lebih efisien dalam prosesnya. Kemudian, manfaat Teknologi Informasi Komunikasi di bidang kesehatan juga bisa membantu mengatasi masalah langkanya tenaga ahli di suatu daerah dengan menerapkan pengobatan jarak jauh (tele-medicine) dan konsultasi jarak jauh (tele-consultation).

4. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Pemerintahan.

Implementasi penerapan dan pemanfaatan TIK dalam pelaksanaan tata kelola pemerintah dan pelayanan publik tentunya membutuhkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi beserta sumber daya manusia yang handal dalam mengelolanya.

5. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Kebudayaan

Penerapan TIK dapat digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan kebudayaan bangsa suatu bangsa. Baik kesenian tradisional, tempat pariwisata, dan hasil-hasil kerajinan lainnya.

6. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Politik.

Peranan TIK dalam politik sangat bisa dimanfaatkan terutama dalam hal pemungutan suara contohnya adalah pemugutan suara yang dikenal dengan istilah E-Voting. Saat ini, pemanfaat daripada TIK dalam bidang Politik sendiri juga sering kita liat dengan adanya hitung cepat dalam suatu pemilu yang sedang diadakan.

Baca Juga :  11 Dampak Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Media Hiburan

7. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Sosial.

Teknologi Informasi Komunikasi memberikan manfaat secara sosial sehingga masyarakat bisa mencari informasi dan menjadikannya sebagai sarana untuk belajar. Serta dapat menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat. Serta bisa meningkatkan informasi dan peluang yang lebih luas kepada kelompok masyarakat.

8. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Ekonomi.

Peranan Teknologi Informasi Komunikasi dalam bidang ekonomi bisa kita soroti dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang terjadi. Mendorong suatu inovasi dan penyerapan teknologi, serta dapat meningkatkan efisiensi alokasi sumber daya alam dan mampu mengurangi biaya produksi.

9. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Bisnis.

Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi yang diterapkan pada suatu bisnis bisa menghembat biaya produksi dan operasional. Dengan perkembangan teknologi informasi pada bidang bisnis juga mampu meningkatkan jangkauan promosi suatu produk yang sedang dipasarkan dengan adanya digital marketing.

10. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Agama.

Perkembangan teknologi mempermudah kehidupan manusia dalam berbagai hal, tak terkecuali dalam bidang agama (Religi). Ditemukan fakta bahwa teknologi dapat membantu seorang muslim modern menggabungkan kontrol diri dan ketekunan yang diperlukan selama bulan Ramadan dengan kehidupan sehari-hari.

11. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Perbankan.

Salah satu manfaat Teknologi Informasi Komunikasi dalam bidang perbankan yang sering kita rasakan adalah mempercepat informasi antara nasabah dengan pihak bank. Serta mempercepat dan mempermudah transaksi yang kita lakukan.

12. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Telekomunikasi.

Bisa memudahkan jalannya suatu komunikasi secara lancar dan baik walaupun dengan jarak jauh dan bertemu langsung, dan juga informasi yang didapatkan menjadi sangat efektif dan detail serta informatif.

13. Peranan dan Manfaat TIK Dalam Bidang Industri dan Manufaktur.

Dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, proses produksi yang akan dilakukan bisa dikerjakan secara otomatis melalui sistem yang sudah disediakan. Hal ini juga bisa menghemat pengeluaran perusahaan untuk menggaji tenaga kerja. Selain itu, penggunaan mesin dan komputer juga dapat mengurangi risiko kecelakaan kerja yang akan membahayakan nyawa manusia.

Baca Juga :  Terbaru 11 Alasan Memilih Jurusan IT di Era Digitalisasi

Perbedaan Antara Teknologi Informasi dan Komunikasi :

Perkebedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkebedaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi hingga saat ini memiliki 2 peran penting yang sangat sulit untuk dipisahkan.

Melihat pada fungsi dan peran keduanya, dunia melihat ini sebagai alat untuk bisa memudahkan manusia dalam berbagai sektor.

Dalam pendekatan teori dari informasi dan komunikasi memiliki beberapa hal yang sama namun juga memiliki perbedaan.

Berikut adalah beberapa ulasan tentang perbedaan antara Teknologi Informasi dan Komunikasi.

A. Pengertian :

Pengertian Tentang Teknologi Informasi :

Teknologi Informasi merupakan system perancangan informasi yang berbasis kepada hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak).

Pengertian Tentang Teknologi Komunikasi :

Teknologi Komunikasi merupakan proses pertukaran data yang dilakukan oleh seorang pengguna dan dikirimkan kepada pengguna lainnya, proses pertukaran data tersebut meliputi kata, tanda, maupun suatu informasi.

B. Fungsi :

Fungsi dari Teknologi Informasi :

Berikut beberapa fungsi dari penerapan teknologi informasi

  • Menangkap Data atau Informasi.
  • Mengolah Data atau Informasi.
  • Menghasilkan Data atau Informasi.
  • Menyimpan Data atau Informasi.

Fungsi dari Teknologi Komunikasi :

Sedangkan fungsi dari teknologi komunikasi adalah untuk memberikan akses kemudahan terhadap manusia untuk bisa saling bertukar suatu informasi dengan cara yang fleksibel, mudah, dan cepat serta tidak terhalang oleh waktu maupun jarak.

C. Contoh Penggunaan :

Contoh Penggunaan Teknologi Informasi :

Ada banyak beberapa hasil temuan teknologi informasi yang hingga saat ini masih sering digunakan oleh masnyarakat luas. Contohnya adalah berikut ini:

  • Kalkulator
  • Personal Digital Assistant
  • Kamus Elektronik
  • MP4 Player
  • DeskBook

Contoh Penggunaan Teknologi Komunikasi :

Sedangkan conoth penggunaan teknologi komunikasi sebagai berikut:

  • Surat atau e-Mail
  • Telegraf
  • Radio
  • Televisi (TV)
  • Koran
  • Media Sosial
  • Komputer

Penutup :

Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi Informasi dan Komunikasi

Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi (informatika) maka kegiatan sehari-hari menjadi lebih terasa mudah dan praktis.

Pentingnya teknologi dan informasi (informatika) yang satu ini membuat kita tidak bisa dipisahkan lagi dengan kehidupan manusia pada umumnya. Penggunaannya juga telah dimanfaatkan oleh berbagai kelompok masyarakat yang terdiri dari berbagai usia, generasi dan golongan.

Demikianlah ulasan pengertian teknologi informasi dan komunikasi, sejarah perkembangan, manfaat dan contoh dari Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bisa kami sajikan. Semoga ulasan yang kami berikan dapat memberikan manfaat kepada para pembaca.


Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *