11 Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung, Dapatkan Siaran Digital Gratis

Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung
Bagikan Artikel :

NeoTeknologi.com – Akhir – akhir ini Cara pasang set top box ke TV Tabung banyak dicari oleh masyarakat seiring dengan adanya peralihan siaran, dari siaran analog ke siaran digital yang baru saja ditetapkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) beberapa waktu yang lalu. Cara pasang set top box bisa kita temukan diberbagai media dari berbagai sumber yang ada.

Dengan adanya peraturan terbaru dari pemerintah Indonesia mengenai siaran Televisi yang ada di Indonesia membuat masyarakat harus bergerak untuk mengikuti aturan tersebut untuk tetap dapat menyaksiakn siaran televisi yang di inginkan.

Siaran analog yang sudah berjalan kurang lebih 60 tahun kini telah di Switch Off (SOF) dan tidak dapat dinikmati lagi oleh masyarakatan. Peralihan siaran Televisi analog ke siaran Digital dianggap sebagai langkah yang tepat untuk melakukan perubahan khususnya dalam bidang siaran pada masa digitalisasi seperti sekarang ini.

Baca Juga :  3 Cara Mendapatkan Bantuan Set Top Box Gratis

Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung :

Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung

Dengan peralihan saluran siaran televisi yang ada membuat beberapa jenis tv tidak bisa mendapatkan siaran yang di inginkan. Terlebih lagi pada TV tabung yang masih mengandalkan siaran anlog sebagai jaringan siaran utamanya.

Untuk itu, TV tabung membutuhkan teknologi tambahan yang dapat membantu untuk mendapatkan siaran digital terbaru dan terkini. Nah, untuk mendapatkan siaran digital, tv tabung harus menggunakan alat tambahan yang disebut dengan Set Top Box sebagai.

Didalam artikel ini kami coba untuk mengulas bagaimana Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung sehingga kamu tetap mendapatkan siaran digital untuk tetap bisa menikmati siaran pada televisi yang kamu miliki.

Set Top Box :

Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung

Set Top Box adalah alat teknologi yang digunakan untuk mengubah sinyal digital yang ada pada saluran stasiun TV menjadi berbentuk visual dan audio.

Kita membutuhkan set top box untuk bisa mendapatkan siaran digital, terlebih lagi set top box yang kita gunakan harus sudah berizin secara resmi dan yang direkomendasikan oleh pemerintah indonesia melalui Menkominfo.

Baca Juga :  10+ Cara Pasang Set Top Box Tv, Dapatkan Siaran Jernih Secara Gratis!

Dengan menggunakan alat Set Top Box, siaran televisi akan tetap bisa kita nimati dirumah atau dimanapun.

Cara Pasang Set Top Box :

Set Top Box juga bisa digunakan dijenis TV tabung, tentunya membutuhkan cara atau prosedur pemasangan yang tepat dan sesuai.

Berikut ini cara pasang Set Top Box ke TV Tabung:

  1. Siapkan Set Top Box atau STB dan juga TV Tabung.
  2. Pastikan Set Top Box atau STB memiliki sepsifikasi DVB T2
  3. Matikan daya TV terlebih dahulu atau posisi power off.
  4. Cabut antena yang ada pada TV tabung.
  5. Sambungkan antena ke port STB yang bertuliskan ‘ANT-IN’. (pada bagian belakang STB).
  6. Sambungkan kabel HDMI/ AV dari Set Top Box ke TV tabung.
  7. Nyalakan Set Top Box (STB) dan TV Tabung.
  8. Gunakan remote TV untuk masuk ke pengaturan TV, kemudian ganti tampilan menjadi AV/HDMI.
  9. Setelah menu dashboard Set Top Box *STB) muncul, kemudian klik pencarian saluran.
  10. Tunggu hingga saluran digital mencari otomatis.
  11. Setelah saluran digital muncul, pilih opsi simpan.
Baca Juga :  Gratis ! 5 Cara Termudah Setting STB TV Digital [2023]

Setelah saluran tersimpan, maka siaran digital akan tersimpan dan bisa kamu nikmati kapanpun yang kamu inginkan.

Pada dasarnya cara pasang set top box tidaklah begitu susah, kita hanya butuh kesabaran dan teliti untuk mengikuti langkah-langkah yang sudah diberikan pada artikel cara pasang set top box ini.

Penutup :

Cara Pasang Set Top Box ke TV Tabung

Itulah tadi beberapa tahapan cara pasang Set Top Box ke TV Tabung dengan mudah. Pada dasarnya cara pasang set top box setiap TV tabung memiliki setting/ pengaturan yang berbeda-beda, begitu juga dengan Set Top Box yang ada. Kamu bisa menyesuaikan pemasangan dengan melihat manual book (buku petunjuk) pada masing-masing perangkat yang ada.

Semoga ulasan kami dalam artikel ini dapat membantu kamu untuk mengetahui cara pasang set top box yang hari ini sering dicari/ dilakukan oleh masyarakat, khususnya di Indonesia. Kamu juga bisa mencari artikel lainnya yang berkaitan dengan cara pasang set top box dari berbagai sumber yang bisa ditemukan.

Pencarian terkait : cara pasang set top box, cara memasang set top box.

Baca Juga :  2 Cara Penggunaan Set Top Box Dengan Mudah

Bagikan Artikel :
Memiliki minat pada bidang teknologi informasi dan digitalisasi. Mengulas berbagai informasi, tips & trik, tutorial, rekomendasi yang berkaitan dengan teknologi informasi dan digitalisasi.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *